Jakarta (Antara News) - PT Lippo Cikarang Tbk menggandeng Mitsubishi Jisho Sekkei perusahaan arsitektur terkemuka di Jepang untuk mendesain hunian bertingkat Glendale Park di kawasan terintegrasi Orange County Cikarang Jawa Barat.

"Kerja sama dengan arsitektur asal Jepang ini merupakan bagian perjanjian yang telah ditandatangani dengan PT Diamond Realty Investment Indonesia subsidiari dari Mitsubishi Corp. untuk membangun kondominium  di Cikarang," kata Chief Marketing Officer Lippo Homes Jopy Rusli di Jakarta, Kamis.  

Jopy optimistis dengan menggandeng arsitektur asal Jepang maka Glendale Park ini akan diminati ekspatriat yang berkerja diberbagai perusahaan di Cikarang Jawa Barat dan sekitarnya.

Jopy mengatakan sesuai dengan presentasi yang disajikan pihak Mitsubishi Jisho Sekkei, mereka akan membuat permainan cahaya dan bayang-bayang di seluruh unit bangunan sehingga akan memberikan keindahan yang alami bagi penghuninya.

"Permainan cahaya dan bayang-bayang kerap dipergunakan arsitektur bergaya Jepang sehingga membuat bangunan di negara ini memang tidak membosankan," jelas Jopy.

Jopy mengatakan, teknik memanfaatkan pencahayaan sudah dikenal dalam ilmu arsitektur sejak lama termasuk di Indonesia telah dipelajari, hanya saja di Jepang lebih terampil memanfaatkan ini menggunakan vasat pada bangunan.

Tambahan lain, kata Jopy, arsitektur Jepang dikenal sangat menghargai peninggalan tradisi nenek moyang mereka sehingga sekalipun bangunan sudah mengalami modernisasi tetap ada sentuhan-sentuhan budaya mereka.

"Mereka juga senang menggunakan degradasi warna, misalkan saja untuk warna hijau mereka memiliki beragam warna untuk hijau sehingga memberikan kesan yang menarik dalam suatu ruangan," ujar Jopy.

Sementara Chief Marketing Officer Orange County  Stanley Ang mengatakan meskipun Glendale menggunakan arsitektur dan kontraktor asal Jepang tetapi semua bahan-bahan untuk interior termasuk penggarapannya dari Indonesia.

"Kayu cemara yang banyak menghiasi interior di Jepang misalkan, juga banyak diperoleh di Indonesia tinggal mungkin ada semacam pelatihan bagi pekerja di Indonesia karena arsitektur asal Jepang seringkali sangat detail mengenai kualitas akhir," ujar Stanley.

Menurut Stanley apabila arsitektur menggunakan Mitsubishi Jisho Sekkei, maka untuk interior dan ruang publik Lippo menggandeng T-Life Architecture, Osaka Jepang.

Glendale Park nantinya merupakan kondominium 35 lantai di dalamnya terdapat 556 unit hunian mulai dari 41 meter persegi (satu ruang tidur) sampai 92 meter persegi (tiga ruang tidur) serta di dalamnya dilengkapi dengan pengamanan menggunakan retina mata.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015