Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten siap melakukan "jemput bola" untuk pelayani masyarakat setempat yang ingin mendapat pelatihan kerja dengan menggunakan mobil pelatihan praktik kerja (Si Praja).

"Masyarakat dapat langsung mengajukan permohonan pelatihan kepada pemkot melalui dinas ketenagakerjaan (disnaker) untuk bisa dikunjungi mobil pelatihan praktik kerja atau Si Praja," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa.

Baca juga: Wawali Kota Tangerang berharap gebyar KB gratis tingkatkan jumlah akseptor

Dijelaskannya Si Praja merupakan mobil pelatihan keterampilan yang menyasar langsung pada masyarakat di berbagai wilayah. Kehadiran kendaraan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam berwirausaha,

"Mobil Si Praja dihadirkan agar masyarakat tidak hanya mencari pekerjaan, tapi bisa kreatif dan mandiri dengan berwirausaha," ujarnya.

Beroperasinya, kata dia, mobil Si Praja menjadi langkah lanjutan yang ditempuh oleh Pemkot Tangerang untuk mengatasi permasalahan pengangguran, setelah sebelumnya secara rutin menggelar pelatihan di balai latihan kerja (BLK) yang tersebar di 13 kecamatan.

"Sekarang dikembangkan untuk jemput bola agar masyarakat dengan komunitasnya bisa langsung datang dan ikut pelatihan, sehingga bisa lebih efektif dan efisien, karena pelatihan yang diberi sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan,  menjelaskan pihaknya menyiapkan sebanyak dua unit mobil Si Praja dengan total program pelatihan sebanyak 44 program.

"Sebanyak 20 kegiatan berbasis kompetensi dan 24 kegiatan pelatihan yang berbasis kewirausahaan," kata dia.

Si Praja merupakan bagian dari evaluasi program pelatihan yang sebelumnya ada. Program pelatihan yang sebelumnya berbasis di satu tempat seperti BLK tiap kecamatan/kelurahan, kini melalui Si Praja bisa menjaring komunitas lebih luas, fleksibel, dan efisien.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023