Serang, (Antara News) - Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta menyatakan masih ada serapan anggaran pada beberapa satuan kerja perangkat daerah karena memang programnya belum berjalan.

"Memang ada empat SKPD masih kategori 'raport merah' sebaba penyerapan anggarannya masih rendah, tapi penyebabnya karena program mereka belum berjalan dan belum ada pencairan anggaran," katanya di Serang, Sabtu.

Keempat SKPD yang penyerapan anggarannya rendah itu, yakni Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP), Biro Perlengkapan dan Aset Sekretaris Provinsi Banten, RSUD Banten dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

"Meski sekarang serapan anggaran empat SKPD itu rendah, tapi kita optimistis sampai akhir 2015 penggunaan anggaranya bisa mencapai 80-85 persenJika target serapan anggaran tidak tercapai maka akan mempengaruhi sistem kinerja pegawai (SKP), dan tentu akan ada sanksi dari Pak Gubernur," ujar Ranta.

Ia juga menyatakan, secara umum penyerapan anggaran pada triwulan III 2015 relatif lebih baik dibandingkan triwulan III 2014. 

Secara keseluruhan terdapat  16 SKPD di lingkungan Pemprov Banten yang kinerjanya dinilai buruk, dengan  serapan anggaran triwulan III masih dibawah rata-rata, dan program kerja kurang dari 50 persen.

Dari 16 SKPD itu, empat diantaranya kategori raport merah dan 12 sisanya raport kuning, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, DSKP, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.

SKPD lain yang mendapat raport kuning, yakni Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Biro Pemerintahan, Kantor Penghubung, Biro Humas dan Protokol dan Badan Lingkungan Hidup Daerah. 

Sedangkan 26 SKPD masuk dalam kategori aman atau raport hijau, diantaranya Badan Pendidikan dan Pelatihan, RSU Malingping, Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu,  BPAD.

Kemudian, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Koperasi Menengah (UMKM), Biro Ogranisasi Sekretariat Provinsi Banten serta Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Banten.

Sementara capaian kinerja secara keseluruhan pada triwulan III, yakni realisasi fisik 59,15 persen dan keuangan 46,27  persen atau Rp4,139 triliun, dengan sisa anggaran 53,73 persen atau Rp4,807 triliun.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015