Serang (Antara News) - Pemerintah Provinsi Banten mendapatan penghargaan berupa Pin Emas dari Kementerian Pertanian RI, atas kerja keras Pemprov  Banten khususnya di Kabupaten Pandeglang dalam mendukung swasembada pangan nasional.

Penghargaan diberikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman yang diterima Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang Wowon Dirman, pada acara Gelar Teknologi Pertanian Modern Tahun 2015, di Subang, Jawa Barat, Selasa.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengatakan, apresiasi terhadap capaian swasembada pangan kepada Kabupaten Pandeglang karena dinilai sebagai daerah yang berhasil memberikan sumbangsih besar dalam mendukug swasembada pangan nasional.

"Selain mendapatkan Pin Emas untuk kategori daerah dengan sumbangsih produktifitas pertanian pada program swasembada nasional, Provinsi Banten juga meraih penghargaan dari kategori penyuluh yang diraih Eka Laelah," kata Eneng.

Menurutnya, keberhasilan tersebut atas kesuksesan Kabupaten Pandeglang dalam mempertahankan produksi padi secara nasional.

Eneng mengatakan, dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, Provinsi Banten, terutama Kabupaten Pandeglang berhasil meningkatkan target produksi beras dan kedelai. Selain Banten, daerah yang mendapat penghargaan tersebut ialah Provinsi Lampung, Blora, Aceh, Subang, Sulawesi Utara, dan beberapa daerah lain.  

"Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras Provinsi Banten, terutama Kabupaten Pandeglang dalam mendorong swasembada pangan nasional," katanya.

Eneng mengatakan, untuk tahun 2015, pihaknya akan terus mendorong peningkatan produksi padi dengan 1 juta ton.

Pihaknya mengaku optimistis target yang ditetapkan tersebut akan tercapai karena telah melaksanakan berbagai program dan terobosan guna mencapai target swasembada pangan.

"Untuk mengantitipasi bertambahnya puso pada musim kemarau tahun ini, kiya optimalkan bantuan pompa air," katanya.

Selain padi, kata Eneng, beberapa waktu sebelumnya, Kabupaten Pandeglang juga menggelar panen seluas 1500 hektar tanaman kedelai. Meskipun musim kemarau, Kampung Sukajadi, Desa Gombong, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang melakukan panen raya kedelai.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015