Serang (Antara News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta mewakili Gubernur Banten meresmikan mesjid Mesjid Baitul Muttaqien yang juga merupakan mesjid peninggalan pejuang Banten KH Wasid, di Kampung Beji Bojonegara di Serang, Rabu.

Kampung Beji Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang merupakan wilayah yang telah melahirkan para tokoh perjuangan bangsa Indonesia, empat orang diantaranya adalah KH. Wasyid, Abdul Fatah Hasan, Brigjen KH Syam’un, serta Sjadzli Hasan.

Salah satu dari ke empat tokoh tersebut yaitu KH. Wasyid telah mewariskan banyak hal kepada generasi penerus, salah satu peninggalan tersebut adalah sebuah mesjid. Mesjid Baitul Muttaqien Beji dibangun pada tahun 1880 sebagai salah satu bentuk syiar Islam KH Wasyid pada zaman tersebut dan mesjid tersebut berdiri kokoh hingga sekarang.

Mesjid tersebut telah beberapa kali mengalami perombakan, hingga terakhir kali mengalami perombakan pada tanggal 31 Agustus 2014.

Sekretaris Daerah Prov. Banten Drs. H. Ranta Soeharta, MM meresmikan Mesjid Baitul Muttaqien Beji dengan melakukan prosesi pengguntingan pita pada pintu masuk mesjid tersebut yang terletak di Kampung Beji Kecamatan Bojonegara.

Sekretaris Daerah Banten Ranta Soeharta mengatakan, bahwa sejarah mesjid ini sarat dengan nilai perjuangan, untuk itu diperlukan sebuah dokumentasi sejarah dalam bentuk buku yang bertujuan untuk mengetahui sejarah perjuangan KH Wasyid serta sejarah dari Mesjid yang didirikannya.

"Bagaimana mungkin generasi saat ini mengetahui sejarah KH Wasyid tanpa ada dokumentasi sejarah yang menceritakan tentang perjuangan KH Wasyid," kata Ranta.

Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Banten terhadap pembangunan mesjid ini, Pemprov Banten memberikan bantuan berupa dana senilai Rp500 juta untuk proses rehabilitasi mesjid. Dalam kesempatan itu juga secara simbolis Pemprov Banten memberikan bantuan berupa voucher keberangkatan umroh kepada pengurus Mesjid Baitul Muttaqien Beji.

Hadir dalam acara peresmian tersebut adalah salah seorang Tokoh Pendiri Banten H. Embay Muya Syarief, Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, unsur Muspika Bojonegara, serta para warga Kampung Beji Bojonegara.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015