Puluhan saung pameran produk unggulan UMKM Banten meramaikan acara 'Kick Off' Gerakan Nasional atau Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2023 di halaman Masjid Al Bantani, Kota Serang, Provinsi Banten, Jumat.

Pejabat Fungsional Pengembangan Kewirausahaan Ahli Muda Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kota Cilegon Tati Hartati mengatakan, pihaknya antusias mengikuti acara tersebut, guna meramaikan sekaligus memperkenalkan produk-produk UMKM lokal.

Baca juga: Luhut ungkapkan Gernas BBI-BBWI tumbuhkan UMKM baru di berbagai daerah

"Kita bawa lebih dari 25 produk. Itu semua merupakan hasil olahan dari pelaku UMKM Kota Cilegon dan ciri khas daerah kami," kata Tati saat memamerkan produk UMKM Kota Cilegon.

Adapun diantara produk UMKM khas lokal Kota Cilegon yang dipamerkan, kata dia, sebagian besar merupakan olahan makanan diantaranya sate Bandeng, gipang singkong, gegetas, dendeng dan ada juga rabeg (instan).

Selanjutnya, ada juga makanan atau kue yang khas seperti bolu kuwuk, akar kelapa, kacang goreng, kacang sembunyi dan lain sebagainya.

"Jadi, produk-produk yang ada di sini merupakan hasil binaan dari Dinkopumkm dan sudah mengikuti program inkubasi tahun 2022, sehingga produk serta kemasannya bersertifikasi," kata Tati.

Tati juga mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten guna mendorong serta mendukung pelaku UMKM untuk masuk ke dalam e-katalog.

Sementara, Head of Project Division SELIS PT. Juara Bike Kabupaten Tangerang, Reagan mengatakan, ia mengikuti kegiatan tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan produk lokal Indonesia dengan tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN mencapai 53.6 persen.

"Dalam hal-hal yang sifatnya aksesoris-aksesoris dan suku cadangnya juga sudah kita upayakan serta bisa dicari di lokal dengan mudah," kata Reagan.

"Baterai pun sudah dari lokal, kerangka pembuatannya sendiri. Terus yang lainnya seperti LED indikator dan ban itu kita sudah mulai cari yang ada di lokal," katanya menambahkan.

Ia mengatakan, pihaknya mengikuti kegiatan BBI bertujuan untuk mendukung serta menggandeng pelaku UMKM yang mulai menyediakan 'sparepart' kendaraan listrik itu.

Produsen kendaraan listrik, PT Juara Bike, meluncurkan kendaraan tersebut guna mengakomodasi kebutuhan masyarakat pada transportasi yang efisien, hemat energi,dan ramah lingkungan.

Selain itu, keikutsertaannya meramaikan acara BBI dan BBWI tahun 2023 merupakan upaya perusahaan mengembangkan pasar kendaraan listrik di Indonesia dan mendukung pemerintah dalam mendorong transisi ke energi terbarukan, sekaligus memperluas pasar baru secara global.

"Pertama kita mendukung pemerintah serta kita ingin lingkungan kita dalam skala kecil maupun besar itu lebih baik tanpa polusi," katanya.

Pemprov Banten menghadirkan sekitar 100 jenis UMKM yang sudah melalui seleksi atau kurasi oleh Bank Indonesia, pada kegiatan 'kick off' Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dilaksanakan Jumat (10/2) di halaman Masjid Al Bantani di Serang.

"Di sini kalau nggak salah ada seratusan 100-an UMKM yang sudah dikurasi oleh BI," kata Penjabat Sekda Banten M Tranggono dalam kegiatan yang dibuka Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023