Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kick off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2023 yang dipusatkan di halaman Masjid Al Bantani, Kota Serang, Banten, Jumat.

Menko Luhut menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten atas penyelenggaraan dimulainya Gernas BBI dan BBWI tahun 2023. Banten merupakan lokasi pertama yang menjadi rangkaian kegiatan tersebut dan selanjutnya akan dilaksanakan di daerah lain.

Baca juga: Luhut ungkapkan Gernas BBI-BBWI tumbuhkan UMKM baru di berbagai daerah

"Saya senang dan apresiasi. Apalagi pertumbuhan ekonomi di Banten ini sangat baik yaitu 5.8 persen dan inflasi juga bisa di-manage 5,6 persen," kata Menko Luhut.

Ia juga mengatakan pencapaian itu bisa diperoleh atas kerja keras dari semua pihak yang ada di perangkat Pemprov Banten, sehingga investasi daerah tersebut mengalami kenaikan.

"Tadi pak Gubernur juga menyampaikan Rp82 triliun investasi tahun lalu. Jadi naik 100 persen lebih," kata Menko Luhut. Hal itu, lanjutnya, menunjukkan Provinsi Banten diminati inventor karena letak wilayahnya yang strategis.

Selain itu Menko Luhut Pandjaitan juga mengapresiasi adanya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Banten.

Menko Luhut juga mengimbau kepada kepala daerah bersama-sama membangun serta mendorong program pemerintah Gernas BWI dan BBWI hingga e-Katalog lokal.

"Target BBWI tahun sekarang adalah 1,2 sampai 1,4 miliar perjalanan wisata Nusantara. Dan ini dua kali dari capaian tahun lalu," ujarnya

Kegiatan tersebut, menurut dia, diharapkan akan mendorong pendapatan daerah melalui sektor pariwisata sebanyak Rp3.281 triliun atau setara dengan 18 persen dari nominal Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Jadi kalau ini naik. Maka Banten secara perlahan akan maju. Lapangan pekerjaan kemudian pabrik-pabrik dalam negeri juga tercipta," kata Menko Luhut.

Selain Menko Luhut Binsar Pandjaitan, kegiatan tersebut juga dihadiri Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Perwakilan OJK, Bank Indonesia, dan sejumlah pihak lainnya.

Selain menampilkan stan UMKM dan pihak bank, kegiatan tersebut juga diisi pasar murah dan peresmian SPKLU. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko Luhut resmikan dimulainya Gernas Bangga Buatan Indonesia 2023

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023