Serang (Antara News) - Ribuan perncari kerja dari berbagai daerah di Banten mendatangi lokasi 'Jon Fair' atau bursa kerja yang diselenggarakan Disnakertrans Provinsi Banten di Lapangan KP3B di Serang, Rabu.

Bursa kerja yang diikuti sekitar 46 perusahaan besar dan kecil di Banten tersebut dibuka oleh Gubernur Banten Rano Karno. Usai  dibuka, para pencari kerja yang sudah sejak pagi menunggu langsung masuk ke arena bursa kerja yang terletak di depan mesjid Al-Bantani Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten.

Salah seorang peserta 'Job Fair' asal Kota Serang Susi (30) mengatakan, bursa kerja yang dilaksanakan Provinsi Banten sangat membantu masyarakat terutama para pencari kerja, untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan sesuai kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki pencari kerja.

 "Saya baru pertama ikut ini. Kemarin-kemarin memang sudah kerja, tapi 'resign' karena melahirkan. Sekarang mau cari kerja lagi untuk kualifikasi 'quality control'," kata Susi.     

Pencari kerja lainnya Hendra mengatakan, ia mengikuti bursa kerja yang diselenggarakan Disnakertrans Banten untuk kali ke dua. Tiga tahun lalu, ia pernah mengikuti bursa kerja dan diterima di sebuah perusahaan perhotelan dengan sfesifikasi pada bagian Informasi Teknologi (IT) di perusahaan tersebut.

Namun demikian, ia mengaku hanya bertahan sekitar dua tahun bekerja di perusahaan tersebut karena ingin mencapi pengalaman di perusahaan lain. Sehingga ia kembali mengikuti bursa kerja untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

 "Memang kemampuan saya bidang  IT d komputer. Mudah-mudahan ada lowongan yang sesuai aja," kata Hendra.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Hudaya mengatakan, bursa kerja Disnakertrans Provinsi Banten Tahun 2015 yang diselenggarakan selama tiga hari mulai 7 sampai 9 Oktober ini, melibatkan sebanyak 46 perusahaan besar dan kecil di Banten. Sedangkan jumlah lowongan kerja yang sisiapkan sebanyak 10.922 lowongan kerja dari berbagai bidang pekerjaan.

"Sebanyak 10.922 lowongan itu untuk di dalam dan luar negeri. Jumlah perusahaan yang ikut ada 46 perusahaan dan 11 instansi yang berkaitan dengan ketenagakerjaan," kata Hudaya.

Ia mengatakan, kegiatan job fair bertujuan untuk mempertemukan secara  langsung  antara  pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja. Sehingga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, bisa mendapatkan atau memperoleh tenaga kerja sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi pendidikan yang diharapkan perusahaan.

Selain itu, kata Hudaya, bursa kerja juga untuk mengintegrasikan dan mengefisienkan pola requirement tenaga kerja, baik bagi pencari kerja maupun perusahaan yang membutuhkan karyawan serta membantu pemerintah dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Banten yang masih tinggi. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015