Atlet seluncur es (ice skating) saling unjuk kebolehan di ajang Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2023 yang berlangsung di Bintaro Jaya Xchange Ice Skating Rink (BX Rink), Bintaro Jaya Xchange Mall, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Pada ajang yang bergulir dari tanggal 26 hingga 29 Januari 2023 tersebut, ratusan atlet ice skating menunjukkan segala kemampuannya untuk bersaing. Mereka adalah atlet-atlet muda Indonesia yang sepenuhnya berasal dari sembilan ice rink, antara lain Bintaro Jaya Xchange Rink, Rink, Sky Rink Jakarta, Oasis Centre Arena Skating Rink, Gardenice dan Bali Ice Skating Arena, Sunway Pyramid Ice, Blue Ice Skating Rink, Ice Castle Internasional Training Center dan SM Mall of Asia Ice Skating Rink.

Kategori dipertandingkan mulai dari usia dini yakni atlet termuda berusia 3 tahun hingga sampai usia 52 tahun. Peserta kompetisi olahraga musim dingin tingkat internasional ini diikuti empat negara yakni Indonesia, Malaysia, Philipina, dan China.

Direktur kompetisi IISO 2023 yang juga Manager Bintaro Jaya Xchange Rink, Wiwin Darmawan Salim menyatakan, IISO merupakan ajang pembuktian bagi para atlet muda untuk meraih prestasi di cabang olahraga ice skating.

Kejuaraan terbuka yang masuk tahun ke sembilan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan jam tanding para atlet, sekaligus melahirkan bibit-bibit baru. Mereka akan disiapkan untuk mengikuti berbagai kejuaraan di jenjang lebih tinggi.
 
Menurut Wiwin, yang membedakan kejuaraan tahun lalu dengan yang sekarang adalah kembali diadakannya Ice Hockey Challenge, sehingga pada tahun ini ada dua kategori pertandingan yaitu figure skating dan ice hokey (hoki es). Untuk olahraga figure skating sendiri mempertandingkan enam kategori meliputi teknikal, artistik, spotlight, speed racing, footwork dan ritmik.

“Indonesia Ice Skating Open merupakan salah satu ajang pembelajaran untuk atlet-atlet muda Indonesia khususnya pada jenis seluncur indah, hoki es dan balap ski. Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat menjadi tolok ukur bagi para atlet untuk menuju kompetisi yang lebih besar,” katanya kepada sejumlah media di Bintaro, Sabtu (28/01/2023).

Para peserta nampak bersemangat memberikan kemampuan terbaiknya, disambut riuh tepuk tangan dari pengunjung Mall Bintaro Jaya Xchange yang terpukau dengan aksi menakjubkan para atlet berseluncur sambil bergaya di atas es. Kejuaraan terbagi menjadi dua jadwal, yakni pada 26-28 Januari adalah kompetisi Figure Skating dan 29 Januari untuk Ice Hockey Challenge. “Kami sangat bangga Indonesia Ice Skating Open 2023 direspon baik oleh para atlet dan masyarakat luas. Terbukti kami mencatat penambahan jumlah peserta dari 200 atlet di 2022 menjadi 294 atlet pada tahun ini,” terang Wiwin.

Indonesia Mampu
Sebagai negara beriklim tropis, warga Indonesia tidak asing dengan cabang-cabang olahraga yang identik dengan musim panas. Basket, polo air, loncat indah, bisbol hingga bulu tangkis telah menjadi cabang lomba olimpiade wajib para atlet nusantara yang mereka perlombakan di kejuaraan tingkat naisonal maupun dunia.

Berbeda dengan cabang olahraga musim dingin di Indonesia tidak begitu mendapatkan perhatian yang sama. Hal tersebut dinilai wajar mengingat iklim negara kita yang tidak dingin, tentu juga jumlah atlet, jenis olahraga dan fasilitas yang dimiliki tidaklah selengkap milik cabang olahraga musim panas.

Meski begitu, Indonesia tidak menutup mata kepada cabang olahraga olimpiade musim dingin. Tanah Air juga memiliki atlet-atlet yang berjuang dalam cabang olahraga ini. Belakangan arena skating juga mulai mudah ditemukan di Indonesia kendati jumlahnya belum masif. Penempatan arena tersebut sebagian besar berlokasi di pusat perbelanjaan, sehingga mempermudah akses masyarakat yang ingin mencoba bermain seluncur di atas es. “Kami berharap agar arena-arena ice skating di Indonesia bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah, sehingga olahraga ini bisa lebih bermasyarakat,” tandas Wiwin.

Seluncur indah menjadi salah satu jenis cabang olahraga cukup popular di olimpiade olahraga musim dingin yang mempertandingkan para atlet berseluncur di atas es. Mereka memperagakan kemahiran berselancar secara atletis dan estetik dengan kostum dan gerakan pemain (skater) yang indah. Mulai dari freestyle lompatan, putaran, lifts, sikap anggun, hingga gerakan kaki atau footwork diiringi musik yang menawan.

Malaika Khadija Fatiha (12 tahun), salah satu atlet skating muda berbakat yang telah mengikuti banyak perlombaan seluncur indah tingkat nasional. Ia merasa senang dan bangga bisa berlaga kembali di kompetisi IISO tahunan. Khadija, mengikuti lima kategori antara lain open platinum, spotlight, surprise, team surprise dan team comp 9. “Aku senang banget bisa ikutan lagi IISO. Tahun ini aku fokus di open platinum karena lebih ke teknik jadi bisa menambah jam terbang juga untuk persiapan ajang internasional. Jadi, next competition pasti lebih baik lagi,” tutur remaja kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini.

Untuk mendapatkan performa terbaik, Khadija melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan rutin latihan fisik. “Dari Desember (2022) sudah latihan keras supaya bisa tambah elemen lagi. Contoh, dulu aku ngga bisa double excel, sekarang bisa,” aku gadis manis yang sukses menyabet gelar Most Promising Skater di IISO 2023 ini.

Kejuaraan IISO diperkenalkan oleh Bintaro Jaya Xchange Rink sejak 2014. Sempat berhenti sebentar akibat pandemi Covid-19 pada 2021, namun sejak 2022 lalu kembali dihelat. Adanya kompetisi ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya mendorong olahraga musim dingin Indonesia yang masih tergolong baru di Tanah Air.

“Tantangan saat ini adalah mempromosikan olahraga sebagai suatu ‘healthy lifestyle’ kepada generasi muda. Maka itu, melalui sosial media kami mengudakasi atlet-atlet muda bahwa olahraga tidak hanya membuat badan sehat tapi juga merupakan kegiatan cool dan keren,” pungkas Wiwin.

BX Rink sendiri menjadi salah satu fasilitas olahraga di Bintaro Jaya Xchange Mall. Beroperasi sejak 2013, BX Rink dilengkapi ice rink seluas 1.320 m2 dan 1.000 m2 fasilitas pendukung seperti skate rental, locker, first aid, hingga snack bar.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023