Perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (Ewindo) atau dikenal dengan “Cap Panah Merah” memberikan bantuan benih sayuran unggul sebanyak lebih dari 1.500 kg benih, sarana produksi pertanian serta peralatan pertanian kepada petani sayuran yang terkena dampak langsung gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Penyerahan bantuan dipusatkan di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat dan diserahkan secara simbolis oleh General Manager Corporate Affairs Ewindo, Fransiska Fortuna.

Baca juga: Ewindo dan Itera gelar lomba kreativitas displai jagung manis
 
"Pemberian bantuan benih sayuran unggul, saprodi dan saprotan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada petani di Cianjur, Jawa Barat. Kami berharap melalui bantuan ini petani dapat kembali melakukan budidaya sayuran dan memulihkan kegiatan ekonomi. Sebagai sahabat petani yang paling baik, kami juga terus melakukan pendampingan dan pembinaan di masa-masa yang tidak mudah ini," ujar Deputy Managing Director Ewindo Afrizal Gindow dalam keterangan tertulis, Jumat.

Selain menyerahkan bantuan, pada kesempatan yang sama juga dilakukan peresmian “Saung Sawala Sahate”. Saung ini dibangun Ewindo untuk menjadi pusat komunikasi antar petani penerima bantuan yang tersebar di sejumlah desa yang terdampak oleh gempa Cianjur.

Lebih lanjut Afrizal menerangkan bantuan benih unggul tersebut terdiri dari Mentimun ETHANA F1, Kacang Panjang PARADE TAVI, Kangkung BANGKOK LP-1, dan Paria OPAL F1.

Benih unggul yang diberikan ini sesuai dengan kebutuhan petani dan potensi wilayahnya. Diharapkan dengan adanya bantuan benih sayuran unggul yang memiliki potensi hasil tinggi dapat membuat petani memperoleh hasil panen yang optimal.

Tidak hanya benih unggul berkualitas, Ewindo juga memberikan bantuan berupa sarana produksi pertanian seperti pupuk dan pestisida serta peralatan pertanian yang diperlukan oleh para petani.

Afrizal menerangkan petugas lapangan perusahaan selalu berusaha menjadi sahabat terbaik bagi petani sehingga dapat mendengarkan dengan baik setiap aspirasi dan kebutuhan para petani yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

"Kami akan terus mengawal dan mendampingi petani hingga meraih sukses penanaman dan memetik hasil panen yang optimal. Jadi, saung ini kami bangun sebagai wadah komunikasi dan diskusi untuk menyelesaikan masalah baik teknis maupun non teknis," terang Afrizal.

Sejatinya, bantuan benih unggul berkualitas dan sarana pertanian ini adalah tindak lanjut dari sejumlah bantuan yang sebelumnya telah disalurkan oleh EWINDO kepada korban gempa di Cianjur. Pada saat tanggap bencana sejumlah kebutuhan dasar seperti alat masak, bahan makanan, alat belajar dan mainan anak-anak telah disalurkan kepada petani dan warga korban gempa.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Cianjur, Jawa Barat diguncang gempa berkekuatan 5,6 SR yang menyebabkan ratusan korban jiwa. Dampak gempa mengakibatkan ribuan rumah rusak, puluhan ribu warga mengungsi karena kehilangan rumah, harta benda serta pekerjaan.

"Melalui bantuan benih sayuran unggul, sarana produksi dan peralatan pertanian kami berharap rehabilitasi kegiatan perekonomian petani yang terkena dampak gempa dapat segera terlaksana dan bersama-sama kembali memajukan kegiatan pertanian khususnya hortikultura yang selama ini ditekuni para petani," tutup Afrizal.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023