Vihara Avalokitesvara Kasemen, Kota Serang, yang merupakan vihara tertua di Provinsi Banten ramai didatangi masyarakat dan warga Tionghoa saat perayaan Tahun Baru Imlek 2023 untuk bersembahyang.

Wiriyanto, salah satu warga Tionghoa Asal Kelurahan Kebun Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat Minggu, mengatakan datang ke Vihara Avalokitesvara Banten untuk merayakan dan menjalankan ibadah tahun baru Imlek 2574 Kongzili bersama keluarganya.

"Setiap perayaan Imlek hari pertama itu kita sembahyang dan berdoa di vihara ini," katanya.

Wiriyanto berharap di tahun baru Imlek sekarang dan seterusnya bisa normal kembali pasca pandemi Covid19.

"Semoga di tahun-tahun berikutnya juga bisa seperti ini terus agar bisa berkumpul dan bersembahyang bersama," tuturnya.

Menurut dia, perayaan tahun baru Imlek saat ini berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya di tahun lalu perayaannya tidak seramai sekarang atau dibatasi PPKM.

Dari pantauan Antara di lokasi, warga terus berdatangan di Vihara Avalokitesvara untuk melaksanakan Ibadah atau bersembahyang.

Tidak hanya warga Tionghoa yang mendatangi vihara untuk bersembahyang, akan tetapi tidak sedikit pula yang sengaja berkunjung untuk melihat jalannya Imlek di kawasan itu.

Selain itu, nampak jemaat vihara melepas burung yang merupakan suatu tradisi turun menurun yang melambangkan ungkapan untuk melepas keburukan, permohonan maaf dan keselamatan sekaligus untuk menjaga kelestarian alam.

Hewan tersebut dibeli jemaat dari pedagang burung yang ada di depan area vihara.

Sementara, Kabag Binops Ditlantas Polda Banten AKBP Iwan Muri juga mengatakan melakukan pengamanan perayaan tahun baru Imlek guna menciptakan keamanan dan kenyamanan serta ketertiban warga dalam melaksanakan ibadah.

"Kami lakukan pengamanan terhadap sodara kita yang sedang melaksanakan perayaan tahun baru Imlek," katanya.

Ia menjelaskan, kondisi saat ini dinilai aman dan kondusif serta tidak ada kejadian yang menonjol maupun kemacetan lalulintas.

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023