Lembaga swadaya masyarakat Gappura Banten bersama Teater Wong Kite, Jum'at (20/01), menggelar dialog interaktif bertema seni budaya Kota Cilegon di panggung teater Situ Rawa Arum, Kota Cilegon, Banten.

Dialog yang menghadirkan Ketua Umum Gappura Banten Husen Saidan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heni Anita Susila dan Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Faturohmi tersebut digelar dalam rangka mendorong pemerintah agar bisa membangun dan memenuhi fasilitas sarana prasarana yang dibutuhkan komunitas teater di Kota Cilegon.

Husen menjelaskan, langkah ini dalam rangka mendorong lahirnya wisata yang mengangkat wisata budaya Kota Cilegon dengan menggandeng komunitas teater Wong Kite, untuk bisa menampilkan seni budaya ubrug kepada para wisatawan pengunjung di Situ Rawa Arum.

Terlebih saat ini, kawasan Situ Rawa Arum sudah apik tertata menjadi satu-satunya destinasi wisata danau di Kota Cilegon.

Namun semangat tersebut masih terkendala karena masih belum memadainya sarana prasarana penunjang di lokasi.

"Ini adalah langkah kami mendorong pemerintah agar memenuhi fasilitas  yang memang dibutuhkan teman-teman anak-anak sekolah juga dari komunitas teater. Ini juga sebagai upaya menghidupkan kearifan budaya lokal seni ubrug disamping juga untuk menarik pengunjung Situ Rawa Arum. Beberapa hari ini pengunjung sudah meningkat sementara fasilitas penunjang belum memadai," jelas Husen.

Sementara itu, Ketua Komosi II DPRD Kota Cilegon, Faturohmi yang hadir dalam kesempatan itu, mengaku akan berupaya memfasilitasi kelengkapan fasilitas wisata Situ Rawa Arum pada anggaran tambahan mendatang.

"Tentu ini menjadi perhatian kami. Mangkanya nanti akan kami koordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, untuk bisa menganggarkan kebutuhan sarana prasarana nya," kata Faturohmi.

Aktualisasi seni budaya di Situ Rawa Arum tidak hanya diharapkan mampu mengangkat wisata alam lengkap dipadu dengan wisata budaya nya, tetapi juga  dapat membantu pemerintah dalam mengarahkan anak-anak remaja maupun sekolah aktif mengaktualisasikan diri pada kegiatan positif seperti seni teater.

Hal ini juga menjadi harapan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, Heni Anita Susila.

"Kedepan kita ingin di Situ Rawa Arum akan ada teater terbuka bagi anak muda yang memiliki passion di teater. Sehingga nanti bisa mengaktualkan diri dan pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan kesenian yang ada di kota Cilegon," kata Heni.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023