Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten melakukan patroli skala besar selama pelaksanaan malam pergantian tahun 2022 ke 2023 atau Tahun Baru, pada Sabtu malam (31/12).

"Ya, nanti malam kami ada Operasi Lilin Maung 2022. Kita akan lakukan patroli skala besar bersama untuk menjaga kondusifitas selama malam Tahun Baru," kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma kepada ANTARA di Tangerang, Sabtu.

Baca juga: H-2 Tahun Baru, Penumpang Bandara Soetta capai 112.056 orang

Menurutnya, selama pelaksanaan patroli skala besar tersebut, pihaknya akan bersinergi dengan jajaran TNI, Satpol PP, dan instansi lainnya untuk menjaga keamanan wilayah dari ancaman-ancaman yang tidak diinginkan selama malam pergantian tahun itu.

"Tentunya kegiatan patroli ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga sekitar yang merayakan perayaan Tahun Baru," katanya.

Ia menyebutkan, pada patroli skala besar ini lebih difokuskan pada pengawasan aktivitas masyarakat setempat. Sebab saat ini baik pemerintah daerah maupun kepolisian tidak mengizinkan adanya kegiatan yang menyebabkan keramaian massa, termasuk aksi konvoi dan pesta kembang api pada malam pergantian akhir tahun tersebut.

Jika nantinya ada masyarakat yang melanggar ketentuan-ketentuan yang sudah diterapkan, lanjut Romdhon, maka pihaknya akan memberikan tindakan secara tegas.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih menambahkan bahwa dalam pengamanan selama perayaan Natal 2022 dan libur Tahun Baru (Nataru) 2023 di wilayahnya itu akan melibatkan sebanyak 740 personel gabungan.

"Kita libatkan dengan total sebanyak 740 personel gabungan, namun untuk personel dari kepolisian sendiri dengan bertugas di Pos pengamanan itu sebanyak 160 personel dengan ditambah 200 personel gabungan. Kemudian pengamanan Tahun Baru kita ada penambahan 350 personel gabungan," ucapnya.

Adapun titik prioritas patroli sekala besar tersebut, akan dilakukan secara menyeluruh terutama di pusat keramaian seperti di Citra Raya, Talaga Bestari, Mall, Alun-alun, kemudian di wilayah Pasar Kemis dan di gerbang tol perbatasan wilayah

"Sementara ini ada tiga titik fokus, diantaranya seperti di Citra Raya, Telaga Bestari dan untuk pemantau ibadah kita lakukan di Pasar Kemis," ujarnya.

Kemudian, untuk mendukung jalannya operasi itu pihaknya pun juga mendirikan enam pos terpadu yang akan ditempatkan di sekitaran pusat keramaian.

"Untuk tim Gegana kita siapkan adalah dua tim, yang satu tim kita tempatkan di wilayah Kota seperti Citra Raya sebagai pusat keramaian dan menyangkut beberapa Polsek," tuturnya.

Kendati demikian, dia mengimbau agar seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polisi Tangerang lakukan patroli sekala besar saat malam Tahun Baru

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023