Serang (Antara News) - PT Marga Mandalasakti (MMS) terus melakukan meningkatkan berbagai fasilitas di jalan tol Tangerang - Merak seiring dengan pertumbuhan lalulintas pada triwulan II tahun 2015.

"Meskipun pertumbuhan lalulintas tidak setinggi  triwulan I yang mencapai 9 persen lebih, namun kami tetap melaksanakan peningkatan layanan," kata Direktur Teknik dan Operasi MMS, Sunarto Sastrowiyoto di Serang, Selasa, saat menyampaikan paparan kinerja triwulan II 2015.

Peningkatan layanan itu meliputi pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 50 titik baru dengan
total pemasangan lampu PJU sampai dengan semester 1 2015 sebanyak 1.666 titik lampu.

MMS, kata Sunarto juga telah menerapkan program PJU pintar (Smartlight Management System) yang dipasang
pada PJU simpang susun Bitung.

Kemudian, lanjut Sunarto juga telah dilaksanakan pemasangan 9 titik kamera pantau baru (1 titik berjumlah 2 unit kamera) pada ruas Bitung-Balaraja Barat. Terdiri atas 1 kamera dome pada interchange Bitung dan 8 titik kamera pantau fix survailance yang tersebar dari KM 27+500 s.d. 37+000.

Layanan lain berupa pengadaan dan pemasangan peralatan tol baru 6 paket instalasi di Gerbang
Serang Barat dan tambahan 1 paket peralatan tol gardu Gerbang Ciujung.

Selain itu juga dilaksanakan renovasi gerbang dan penambahan lajur transaksi di Gerbang Serang Barat,
sebelumnya 4 lajur menjadi 7 lajur. Renovasi juga dilaksanakan  di Gerbang Ciujung, sebelumnya 4 lajur menjadi 5 lajur di Exit dan menjadi 3 lajur di Entrance arah Jakarta.

Sunarto juga mengatakan MMS juga telah membangun kantor patroli yang berlokasi di area kantor Cikupa 2, program revitalisasi akses dengan pembangunan frontage dan pagar BRC serta pagar batu kali di Merak dan di akses Cilegon Barat.

Sebagai dukungan peningkatan layanan, MMS juga berkesinambungan dalam melakukan penertiban kendaraan angkutan berlebih dengan memaksimalkan alat timbang Weight in Motion (WIM) yang terpasang di Gerbang Cilegon Barat. 

Sampai dengan semester 1 2015, penindakan atas kendaraan overload (OL) sudah mencapai 97,7 persen. Dengan rata-rata per bulan jumlah kendaraan OL menurun 26,95 persen, jelas Sunarto.

Sedangkan dibidang CSR pada triwulan II SD yang menjadi binaan perusahaan berhasil meraih peringkat pertama sebagai kepala sekolah berprestasi sekabupaten, serta peringkat ketiga guru berpestasi seprovinsi.

Kemudian dibidang penghijauan telah didistribusikan 140 batang pohon buah bagi masyarakat di
sekitar tol serta penanaman pohon dalam rangka hari lingkungan hidup di interchange Serang Barat sebanyak 20 batang, kata Sunarto.

Selain itu masih terdapat beberapa capaian dibidang CSR diantaranya sumbangan kantong darah, layanan kesehatan melalui satu hari tanpa tembakau setiap bulan, serta program penurunan berat badan, jelas Sunarto.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015