Serang (Antara News) - Komisi III DPRD Provinsi Banten segera menetapkan ketua menggantikan posisi Tanto Warsono Arban yang maju sebagai calon wakil bupati Pandeglang.

"Jadwalnya pada 2 September kita akan menggelar rapat paripurna untuk membahas pergantian Ketua Komisi III," kata Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah di Serang, Kamis.

Ia juga menyatakan, setelah ditetapkan sebagai calon wakil bupati Pandeglang Tanto mengajukan pengunduran dari sebagai anggota DPRD Provinsi Banten.

"Yang bersangkutan telah mengajukan surat pengunduran diri, maka kita juga segera melakukan penggantian jabatan Ketua Komisi III. Karena Tanto dari Golkar maka penggantinya juga dari partai itu," katanya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Banten Suparman menyatakan meski Tanto dari Golkar namun untuk penggantian akan diserahkan pada anggota Komisi III.

"Etikanya memang mestinya penggantinya dari Partai Golkar, namun demikian kami akan menyerahkan sepenuhnya pada seluruh anggota Komisi III, biarkan saja nanti mereka menentukan," ujarnya.

Tanto maju pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Pandeglang berpasangan dengan calon bupati Irna Narulita, yang saat ini masih menjadi anggota Komisi VI DPR RI, dan telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya di legislatif itu.

Pasangan Irna-Tanto didukung 11 partai politik, diantaranya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Hati Nurani Rakyat, Nasional Demokrat,  Partai Bulan Binteng, Partai Kebangkita Bangsa dan Parti Keadilan Sejahtera.

Dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pandeglang periode 2016-2021 Irna-Tanto akan bersaing dengan dua pasangan lainnya, yakni  mantan anggota DPR RI Ratu Siti Romlah yang berpasanga dengan Yan Riyadi, diajukan oleh Partai Demokrat dan PDI Perjuangan.

Kemudian, mantan anggota DPRD Provinsi Banten  Aap Aptadi yang berpasangan dengan mantan Sekretaris Kabupaten Pandeglang Dodo Juanda yang maju melalui jalur perseorangan.NNNN


'

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015