Serang, (Antara News) - Pemerintah Provinsi Banten menyediakan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan dilengkapi sertifikat sehingga diharapkan bisa diterima bekerja di perusahaan.

"Kita melakukan pembinaan bagi yang belum bekerja sehingga memiliki keterampilan. Setelah mengikuti pendidikan mereka diberikan sertifikat," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten Hudaya Latucosina di Serang, Rabu.

Pelatihan itu, kata dia, dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemerintah Provinsi Bantenn di Serpong dan BLK milik pemerintah pusat di Jalan Raya Pandeglang.

Menurut dia, peserta pelatihan pada kedua BLK tersebut tidak dipungut biaya, sampai mendapatkan sertifikat, ini merupakan bentuk kepedulian dari Pemprov Banten untuk membantu mereka agar mudah mencari pekerjaan.

Ia juga menyatakan, berbekal sertifikat sebagai bukti telah mengikuti pelatihan akan mendapat perhatian dari perusahaan penyedia lapangan kerja, dibandingkan yang tidak memiliki sertifikat.

Hudaya menyatakan, pelatihan keterampilan itu dilaksanakan setiap tahun, dan tidak hanya oleh pemerintah Provinsi Banten, tapi juga kabupaten/kota yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Pandeglang Undang Suhendar menyatakan secara rutin melakukan pelatihan berbagai keterampilan bagi lulusan SMA/sederajat.

"Para lulusan pelatihan keterampilan itu siap bekerja di perusahaan, ini memang upaya kita agar pencari kerja dari Pandeglang memiliki daya saing," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga juga sering bekerja sama dengan berbagai perusahaan, diantaranya PT Gajah Tunggal, perusahaan ban, dalam menyediakan tanaga kerja siap pakai.

Calon tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan tesebut, kata dia, terlebih dahulu diikutkan dalam pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) yang merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Disnakertransos.

Ia juga menyatakan, selama ini cukup banyak perusahaan yang menyampaikan lowongan pekerjaan ke Disnakertransos Pandeglang, dan kesempatan kerja tersebut disampaikan pada masyarakat setempat.

"Banyak juga yang menyampaikan lowongan pekerjaan ke kita, mulai perusahaan perbankan, ritel, super market hingga industri, dan kita menyampaikan peluang kerja itu pada masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015