Kementerian Agama Provinsi Banten mengharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2015 berjalan lancar dan kembali lagi ke Tanah Air dengan kondisi selamat.

"Kami optimistis pelaksanaan ibadah haji lancar dan tidak ada masalah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Agus Salim di Lebak, Rabu.

Ia menyebutkan, saat ini calon jamaah haji asal Provinsi Banten tercatat 6.839 orang dari delapan kabupaten/kota madya.

Dari 6.839 orang calon haji itu antara lain Kabupaten Serang sebanyak 801 orang, Pandeglang 594 orang, Kabupaten Tangerang 1.327 orang, Kota Tangerang 1.552 orang, Kota Cilegon 653 orang, Kota Serang 657 orang, Kabupaten Lebak 427 orang dan Kota Tangsel 828 orang.

Jumlah calon haji sebanyak itu, termasuk sebanyak 15 orang tim pemandu haji Indonesia (TPHI), 15 orang tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) dan 44 orang tim kesehatan.

Namun, mereka akan disebar di masing-masing kloter asal Provinsi Banten.

"Kami minta para calon jamaah haji menjaga kesehatan juga menim air putih yang banyak, karena saat ini suhu di Mekkah mencapai 45 derajat celcius," katanya.

Menurut dia, selama ini calon jemaah haji Banten tidak ada masalah karena persyaratan administrasi terpenuhi, seperti visa maupun dokumen lainya.

Mereka para calon haji tersebut diharapkan menjadi haji mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan kondisi sehat.

"Kami sampai saat ini belum menerima laporan jemaah haji asal Banten yang meninggal di Tanah Suci," katanya.

Kepala Seksi Urusan Haji Kementerian Agama Kabupaten Lebak H Tohawi menyebutkan sebanyak 425 jamaah calo haji di daerah setempat siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

Pelaksanaan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah diperlukan stamina dan fisik sehat, karena banyak menguras tenaga, apalagi saat ini cuaca di Arab Saudi cukup panas.

Kondisi demikian, pihaknya meminta para calon haji dapat menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

Selain itu juga rutin melaksankan olahraga agar pelaksanaan ibadah haji bisa ditempuh dengan baik dan benar hingga menjadi haji mabrur.  

Ia menjelaskan, jumlah calon haji Kabupaten Lebak tahun 2015 yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, tercatat 425 orang.

Mereka calon jamaah haji diberangkatkan dari Embarkasi Bandara Soekarno-Hatta 11 September mendatang dengan Kloter 33.

"Kami berharap seluruh calon haji bisa melaksanakan rukun Islam kelima dengan sehat dan bisa kembali ke Tanah Air," katanya menjelaskan.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015