Pandeglang (Antara News) - Calon Bupati Pandeglang nomor urut 3 Ratu Siti Romlah menyatakan warga daerah itu harus terlibat dalam pengelolaan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata yang akan dibangun di Kecamatan Panimbang.

"Warga Pandeglang harus terlibat aktif dalam pengelolaan semua potensi sumber daya alam (SDA) termasuk pada kawasan KEK pariwisata," kata Romlah yang maju pada pilkada berpasangan dengan calon wakil bupati Yan Riyadi usai kampanye bersama di Pandeglang, Kamis.

Menurut dia, Pandeglang memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk bidang pariwisata. Potensi perlu dikelola untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pengelolaan sumber aya alam, kata dia, boleh dilakukan oleh siapa pun, termasuk investor, namun harus ada keterlibatan masyarakat. Warga tidak boleh hanya menjadi penonton.

Terkait dengan sumber daya manusia, menurut dia, jika terpilih nanti akan berusaha meningkatkan kualitas SDM tersebut, baik melalui pendidikan formal maupun berbagai pelatihan berbagai bidang, termasuk keparwisataan.

"Memang kita harus menyediakan SDM handal yang dapat mengelola atau bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menggarap potensi yang ada, termasuk pariwisata, dan itu kepala daerah," ujarnya.

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan pada setiap program pembangunan selalu memberi kesempatan pada warga lokal untuk terlibat.

"Kita sepakat memang warga lokal menjadi prioritas, bukan hanya pada KEK, tetapi di setiap perusahaan pun saya selalu menekankan agar warga kita diprioritaskan dalam penerimaan pegawai," ujarnya.

Erwan juga menyatakan sekitar  200 ribu pekerja akan terserap dalam pembentukan KEK Pariwisata Tanjung Lesung di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang itu.

Penyerapan tenaga kerja itu, di antaranya dampak langsung dari pembentukan KEK sebanyak 85 ribu orang, dampak pembangunan Bandara Banten Selatan 35 ribu orang.

Kemudian, penyerapan tenaga kerja sebagai dampak langsung pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sebanyak 5.000 orang serta dampak tidak langsung dari sektor lainnya 75 ribu pekerja.

KEK dibangun di atas areal 1.500 hektare, dan di dalamnya  disediakan banyak fasilitas sehingga  wisatawan akan betah tinggal.

Dalam KEK Tanjung Lesung, kata dia, akan dibangun 26 hotel, resor dan kondominium serta fasilitas lainnya termasuk lapangan golf dan tempat pendidikan.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015