Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, memberikan penghargaan kepada 19 kepala sekolah atas upayanya menjadikan sekolahnya menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Tangerang tahun 2015.

"Ini adalah salah satu bentuk keseriusan Pemkot Tangerang kepada sekolah dalam menjadi Sekolah Adiwiyata," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, program Sekolah Adiwiyata yang terus digalakan adalah bagian komitmen yang terus diberikan oleh pemerintah kota dalam menciptakan kota yang layak huni 

"Menjadi Kota Cerdas menjadi tidak berarti bila masyarakat Kota Tangerang belum bisa berkomitmen untuk ikut menciptakan kota ini menjadi lebih baik lagi," katanya.

Dia juga menyoroti terkait masih ada sebagian masyarakat belum memahami arti pentingnya menjaga lingkungan, terutama fasilitas publik yang telah disediakan oleh pemerintah.

"Saya cek ke Taman Potret, belum lama taman itu diresmikan, sekarang udah banyak sampah dimana-mana, padahal tempat sampah ada di setiap sudut," kata wali kota.

Wali Kota menyayangkan di tengah upaya Pemerintah Kota Tangerang untuk membangun kota menjadi kota yang nyaman dan layak dihuni, masih ada sebagian masyarakat yang berpikir egois tidak melihat dampaknya secara jangka panjang.

"Sekarang kita masih bisa melihat hijaunya kota ini, pemerintah juga sudah siapkan, tapi malah kita juga yang merusak, terus apa yang mau kita sajikan buat anak cucu kita nanti," ujarnya.

Dia merasa seharusnya dengan berbagai penghargaan yang telah didapatkan oleh Kota Tangerang dapat menjadi pemicu semangat bagi warga kota untuk menjadikan kota ini menjadi lebih baik lagi.

"Membangun kota Tangerang yang layak huni tidak cuma lip service, bila seluruh masyarakat kota memandang sebagai sebuah kebutuhan, bukan hanya keinginan pemkot," ujarnya.

Kepala BPLH Kota Tangerang, Liza Puspadewi menjelaskan, penghargaan kepada kepala sekolah diberikan sebagai salah satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh Pemkot Tangerang terhadap sekolah yang telah menjadikan sekolahnya menjadi sekolah berbasis lingkungan.¿

"Diharapkan dengan penghargaan ini sekolah yang mendapatkan gelar adiwiyata bisa menularkan aura positif kepada sekolah lainnya, karena lewat sekolah, kita bisa menanamkan rasa cinta lingkungan sejak dini," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015