Pandeglang (Antara News) - Sekretaris Provinsi Banten Kurdi Matin didampingi Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, melepas pemberangkatan jemaah calon haji asal Kabupaten  Pandeglang.

Pelepasan jemaah calon haji yang masuk dalam kelompok terbang pertama ini dilakukan di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Sabtu, dan dihadiri para pejabat setempat diantaranya Sekretaris Kabupaten Pandeglang Aah Wahid Maulany.

"Jemaah calon haji asal Pandeglang ini merupakan kelompk terbang pertama dari Provinsi Banten," kata Kurdi Matin.

Ia berharap pemberangkatan pertama ini dapat memanfaatkan waktu dengan baik untuk melaksanakan ibadah dan dapat menjaga kesehatan karena cuaca di Mekkah  sangat ekstrim hingga mencapai 45 derajat celcius.

Kurdi juga menyatakan animo warga Provinsi Banten untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi.Pada musim haji 2015 jumlahnya 6.839 orang dari delapan kabupaten/kota yang terbagi menjadi 15 kloter. 

"Animo warga tinggi, namun pada tahun ini mendapat pengurangan kuota dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, dan ini terjadi secara nasional. Bukan hanya Banten," ujarnya.

Sekprov menjelaskan, pengurangan kuota calon jemaah haji asal Banten mencapai 20 persen, atau 2.700, sehingga masyarakat yang seharusnya berangkat tahun ini terpaksa ditunda.

"Karena ada pengurangan mungkin ada yang terpaksa ditunda pemberangkatannya, namun mereka akan mendapat prioritas untuk pemberangkatan pada musim haji tahun depan," kata Kurdi Matin.

Terkait alasan pengurangan kuota, menurut dia, merupakan kebijakan pemerintah Kerjaan Arab Suadi karena adanya perbaikan infrastruktur peribadatan, jadi mudah-mudahan tahun depan kuota bisa bertambah kembali.

"Kita berdoa saja mudah-mudahan perbaikan infrastruktur itu segera selesai sehingga pada 2016, lebih banyak lagi jemaah yang bisa diberangkatkan," katanya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015