Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menyiapkan peralatan, di antaranya perahu karet untuk menghadapi bencana pada  puncak musim hujan yang diprakirakan Desember sampai Februari 2023.
 
"Kita siaga dan waspada puncak musim hujan, jika terjadi bencana diharapkan tidak sampai menimbulkan korban jiwa," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak Agus Reza Faisal di Lebak, Jumat. 

Baca juga: Menyibak dedikasi Heni Suherni, guru honorer di pedalaman Lebak
 
Persiapan perahu karet itu untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi warga ke lokasi - lokasi yang dilanda banjir. 
 
Saat ini, kata dia, perahu karet yang ada tercatat 15 unit bermesin motor, sehingga cepat bergerak untuk menyelamatkan warga yang berada di lokasi banjir itu. 
 
BPBD Lebak meningkatkan kewaspadaan bencana banjir itu sehubungan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan puncak musim hujan Desember sampai Februari 2023.
 
Puncak musim hujan itu dipastikan sejumlah wilayah Kabupaten Lebak dilanda banjir akibat luapan aliran sungai.
 
Dimana di daerah ini memiliki 17 sungai besar dan ratusan anak sungai sehingga jika diterjang hujan dengan intensitas ringan, sedang serta lebat bisa menimbulkan banjir.
 
Masyarakat Kabupaten Lebak yang menjadi "langganan banjir" tersebar di Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, Cimarga, Banjarsari, Gunungkencana, Cileles, Cimarga, Leuwidanar, Cirinten, Wanasalam, Malingping, Maja dan Cijaku.
 
"Kami minta warga jika curah meningkat sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman, " kata Agus. 
 
Sementara itu, Abdurrahman (50) warga Cibadak Kabupaten Lebak mengatakan dirinya bersama warga lainnya di sini sudah meningkatkan kewaspadaan banjir luapan Sungai Ciujung. 
 
Pengalaman tahun - tahun lalu, kata dia, banjir melanda pemukiman warga akibat curah hujan tinggi. 
 
"Kami dan warga kini mengaktifkan ronda malam karena khawatir curah hujan meningkat hingga meluap air ke aliran sungai itu," katanya.
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022