Serang (Antara News) - Pelaksana Tugas (Plt) mengingatkan penjabat Bupati Serang Hudaya agar bisa menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Serang dalam menghadapi Pilkada serentak pada Desember 2015.

"Sekarang ini UU ASN sudah diterapkan, mulai dari perekrutan, seleksi dan kenaikan pangkat dan jabatan harus dilakukan sesuai mekanisme ASN. Artinya sekarang ini tidak bisa seenaknya dalam menentukan pejabat, meskipun kebijakan akhirnya ada di pimpinan daerah," kata Rano Karno usai melantik Hudaya sebagai Penjabat Bupati Serang di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Selasa.

Terkait menjaga netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada, kata dia, tentunya nanti badan pengawas ASN akan turun tangan untuk mengawasi netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada serentak tersebut.

Rano menekankan kepada Penjabat Bupati Serang agar segera melakukan konsolidasi dan sosialisasi dalam upaya menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak Kabupaten Serang pada Desember 2015.

Plt Gubernur Banten juga mengingatkan, sebagai penjabat Bupati Serang, Hudaya diminta fokus kepada tujuan bersama melaksanakan pemerintahan secara umum, yaitu untuk lebih meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Yang lebih penting adalah memberikan dukungan penuh bagi kelancaran penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang pada Pilkada serentak akhir tahun ini," kata Rano Karno.

Sementara itu Penjabat Bupati Serang Hudaya mengatakan akan melaksanakan amanat yang telah diberikan kepadanya untuk memimpin Kabupaten Serang hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati definitif hasil pilkada Desember mendatang. 

"Amanat ini akan saya jaga dengan baik, dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Selanjutnya saya akan langsung konsolidasi dengan pemerintahan di Pemkab Serang, Insya Allah hari Kamis saya sudah kordinasi dengan seluruh SKPD," kata Hudaya.

Terkait pelaksanaan pilkada di Kabupaten Serang, Hudaya mengaku akan segera melakukan sosialisasi dan konsolidasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan pesta demokrasi lima tahun tersebut.

"Sukses atau tidaknya pilkada bergantung pada kesiapan partai politik yang akan terlibat. Dukungan kita adalah bagaimana mendorong semua pihak yang memungkinkan untuk bisa mencalonkan harus bisa mencalonkan," kata Hudaya.

Ia mengatakan terkait menjaga netralitas ASN dalam menghadapi Pilkada di Pemkab Serang, ia akan mengajak seluruh PNS agar fokus dan paham bahwa tugas utamanya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami akan memberikan pemahaman, bahwa ASN harus menjaga netralitasnya dalam Pilkada. Dengan demikian harus profesional dan fokus terhadap pelayanan publik," kata Hudaya. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015