Swiss German University (SGU) meraih penghargaan atas kolaborasi pentahelix dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam pengembangan teknologi industri kecil, dan menengah (IKM).

"Guna mendukung tumbuhnya wirausaha industri baru yang berdaya saing global, salah satu langkah strategisnya adalah mendorong transformasi kepada pelaku IKM," kata Rektor SGU Dr. rer. nat Filiana Santoso di Jakarta, Jumat.

Baca juga: SGU gandeng Missouri Kansas City mudahkan mahasiswa kuliah di AS

Hal ini dilakukan agar pelaku IKM bisa memanfaatkan teknologi terkini sehingga dapat menciptakan inovasi. Untuk mencapai sasaran tersebut, Swiss German University sejak tahun 2020, sebagai lembaga pendidikan tinggi telah berkontribusi dalam kegiatan Inkubator Bisnis & Teknologi (IBT) untuk membangun Digital Marketing Center melalui program Kedaireka atas dukungan penuh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang. 
 
Berangkat dari hal inilah SGU meraih penghargaan sebagai ‘Perguruan Tinggi yang Berhasil Kolaborasi Pentahelix dengan Pemda Kabupaten Tangerang dalam Pengembangan Teknologi IKM’. 

Penghargaan ini diberikan oleh A Zaki Iskandar selaku Bupati Tangerang, kepada Dr. rer. nat. Filiana Santoso selaku Rektor Swiss German University dalam acara Kab. Tangerang EXPO 2022 yang digelar pada 23-27 November 2022 di Ciputra Mall Citra Raya, Tangerang. 
 
Bentuk kegiatan dari Inkubasi Bisnis & Teknologi Digital Marketing Center (DMC) untuk para pelaku IKM yakni melakukan pelatihan dan pendampingan meliputi, pelatihan digital marketing, pendampingan manajemen bisnis, hingga pendampingan pengurusan BPOM. 

Kemudian, pembangunan fasilitas bersama seperti, penyediaan mesin oven pengering serbaguna gas, pengadaan mesin pengawet makanan, Rumah Kreatif (mesin jahit tas /obras /sepatu, komputer desain grafis, printer kaos, printer mug), Teaching Factory (Model Laboratorium untuk standar BPOM, HACCP produksi makanan dalam kemasan). 
 
Selain itu, peningkatan penjualan UMKM/IKM seperti, memfasilitasi UMKM Tangerang pameran Expor, Pembuatan Galeri UMKM Tangerang Gemilang di Korea, mendirikan koperasi produsen SMILE Tangerang Banten (menjadi distributor produk UMKM Kab. Tangerang), business matching dengan buyer dari luar negeri maupun corporate buyer dari dalam negeri, serta Bazar Online Bintang Gemilang HUT 389. 
 
Dr. rer. nat Filiana Santoso mengatakan melalui pelatihan ini, pelaku IKM diharapkan lebih percaya diri terjun ke dalam dunia e-marketing dengan segala perangkat penunjangnya. 

"Saya berharap para pelaku IKM di Kabupaten Tangerang dapat terus berinovasi sehingga memiliki daya saing yang tinggi bukan saja untuk tingkat nasional bahkan untuk berada di global market," ucap Filiana.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022