Pandeglang (Antara Banten) - Pemerintah Provinsi Banten menyerahkan bantuan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) pada warga kurang mampu di wilayah itu, termasuk di Kabupaten Pandeglang.

"Hari ini bantuan Jamsosratu mulai disalurkan melalui Kantor PT Pos Indonesia," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat Undang Suhendar di Pandeglang, Senin.

Ia menjelaskan, jumlah warga Pandeglang penerima bantuan Jamsosratu sekitar 9.000 kepala keluarga, dan merupakan warga kurang mampu yang tidak menerima bantuan program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial.

Pemprov Banten menggulirkan bantuan Jamsosratu untuk meng-cover warga miskin yang tidak menerima bantuan PKH, dan merupakan program guna mengurangi jumlah kemiskinan di provinsi itu.

Menurut dia, persyaratan untuk mendapatkan Jamsosratu, kata dia, juga relatif sama dengan PKH, di antaranya harus memiliki anak yang sedang sekolah.

Bedanya, kalau PKH hanya menanggung biaya sekolah sampai tingkat sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) sedangkan Jamsosratu hingga sekolah menengah lanjutan atas (SLTA).

Nilai bantuan Jamsosratu setiap keluarga, kata dia, pada tahun ini mengalami peningkatan dari sebelumnya. Tahun lalu hanya Rp1,5 juta yang disalurkan dalam tiga tahap, sekarang Rp2,250 juta yang disalurkan tiga tahap atau Rp750 ribu per tahap.

Undang mengharapkan warga memanfaatkan bantuan itu untuk keperluan sesuai peruntukannya, yakni diutamakan biaya pendidikan anak, jangan digunakan untuk konsumtif.

"Supaya tujuan pemerintah menyalurkan program itu tercapai, yakni mengurangi kemiskinan, maka diharapkan bagi penerima memanfaatkan sesuai peruntukannya," katanya.

Pantauan di Kantor PT Pos Indonesia Pandeglang puluhan warga memadati kantor BUMN tersebut untuk mencairkan bantuan dari pemerintah Provinsi Banten itu.

"Alhamdulillah saya dapat bantuan Rp750 ribu. Katanya masih ada dua kali pengambilan lagi. Ini untuk biaya anak saya masuk SMP," kata Yusniati, warga Gardutanjak saat ditemui usai mencairkan bantuan Jamsosratu di PT Pos Indonesia Pandeglang.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015