Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah membangun pasar ikan di Sampay Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

"Pembangunan pasar ikan itu ditargetkan rampung Desember 2022," kata Kepala Bidang Pelayanan Usaha Perikanan ( PUP) Dinas Perikanan Kabupaten Lebak Oktody Pamungkas di Lebak, Banten, Selasa.

Baca juga: Distan Kabupaten Lebak kembangkan benih unggul guna dongkrak produksi pangan

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Lebak mengapresiasi pembangunan pasar ikan yang dilakukan KKP tersebut karena secara langsung dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di wilyahnya.

Selain itu, menurut dia, juga kehadiran pasar ikan tersebut dapat membantu pemasaran pembudi daya ikan tawar dan ikan tangkap laut para nelayan.

"Pembangunan pasar ikan tersebut dibangun dengan dua tingkat dan dapat menampung ratusan pedagang ikan," ujar Oktody.

Ia menambahkan pembangunan pasar ikan itu hanya satu lokasi di Kabupaten Lebak, sehingga nantinya bisa menjadi pusat pasar ikan di Provinsi Banten.

Untuk konsumennya, menurut dia, kemungkinan besar dari berbagai wilayah di Provinsi Banten, karena Kabupaten Lebak menjadi daerah dengan produksi ikan tangkap dan ikan tawar terbesar.

Pembangunan pasar ikan itu, lanjutnya, akan menampung ikan yang segar, bersih, dan higienis, sehingga dapat menyehatkan konsumen dengan dilengkapi bak kolam dan menampung ikan hidup.

"Kami optimistis pasar ikan itu bisa membantu pemasaran hasil para peternak budi daya ikan tawar dan ikan tangkap," katanya.

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022