Serang (Antara News) - Pemerintah Provinsi Banten memastikan stok raskin untuk masyarakat Banten aman hingga enam bulan ke depan.     

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Provinsi Banten Agus Tauchid di Serang, Rabu, mengatakan saat ini stok raskin di gudang Bulog relatif aman hingga enam bulan ke depan.

Produksi gabah yang diambil dari gabungan kelompok tani di Banten mampu memenuhi kebutuhan beras di Banten.

"Persediaan raskin untuk enam bulan ke depan mencukupi. Sekarang ini kan Bulog membeli dari gapoktan," kata Agus.

Agus mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah pasar di wilayah Banten, harga beras di Banten juga relatif stabil.

"Kebutuhan beras di Banten masih bisa dipenuhi oleh hasil produksi petani asal Banten. Sehingga sampai saat ini persediaan beras di Banten aman," kata Agus.

Tidak hanya hasil produksi gabah yang baik, lanjut Agus, kondisi cuaca juga memberikan dukungan terhadap distribusi kebutuhan bahan pokok di Banten.

Sementara itu Kasubid Distribusi dan Harga Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh (BKPP) Sri Murtiningsih mengatakan, realisasi penyaluran raskin di delapan kabupaten/kota di Banten hingga 19 Juni 2015 mencapai 4ekitar 41.99 persen atau realisasi serapan di delapan kabupaten/kota mencapai 39,7 juta kilogram.

Sementara pagu raskin di Banten selama 2015 sebanyak 94,7 juta kg dan rata-rata setiap bulan sebanyak 7,8 juta kg.

"Rumah tangga miskin penerima raskin di Banten di delapan kabupaten/kota sebanyak 526.178 RTM," kata Sri Murtiningsih.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015