Serang (Antara News) - PT Marga Mandalasakti perusahaan pengelola tol Tangerang - Merak tengah mempersiapkan layanan khusus dalam rangka menghadapi bulan puasa puasa sampai lebaran mendatang.

"Persiapan yang kami lakukan memang lebih spesial dalam bentuk koordinasi dan fisik dalam upaya memberikan layanan kepada pengguna jalan selama bulan puasa," kata Manajer Lalu Lintas dan Informasi Operasional Rahmatullah saat dihubungi, Senin

Rahmatullah mengatakan, sebagai langkah awal, MMS telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Korps Lalu Lintas (Korlantas), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengatur Jalan Tol.

Pihaknya juga berencana untuk berkoordinasi dengan team pendukung untuk memberikan layanan tambahan seperti pengalaman dengan tahun lalu MMS berkerja sama dengan Astra (Toyota dan Daihatsu).

Sedangkan untuk fisik infrastruktur, Rahmatullah mengatakan, memang akan dilakukan perbaikan tetapi sifatnya lebih ke arah peningkatan kenyamanan bagi pengguna jalan.

"Seperti beberapa ruas tol yang mulai bergelombang akan dilakukan perbaikan seperlunya yang sifatnya minor tujuannya agar pengguna jalan tetap nyaman," ujar dia.

Sedangkan untuk lubang, Rahmatullah, bukan termasuk layanan khusus karena itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai operator jalan tol.

"Protap-nya kalau ada lubang dalam waktu 1x24 jam sudah harus ditambal. Kita sudah di atas standar (standar playanan minimum) untuk penanganan lubang," kata Rahmatullah.

MMS juga akan mengoptimalkan pelayanan di gardu tol terutama pada gardu-gardu keluar utama seperti di Cikupa dan Merak, kita akan pastikan transaksi tetap berjalan lancar, kata Rahmatullah.

Pihaknya juga telah berkoordinasi pengelola tempat istirahat (rest area) yang biasanya akan diserbu pengguna jalan saat bedug magrib untuk berbuka dan shalat magrib.

"Kita telah berkoordinasi dengan pengelola tempat istirahat terutama untuk pengaturan lalu lintas, parkir, serta pengamanan sejak Jumat (12/6) lalu," kata Rahmatullah.

Rahmatullah mengatakan, kami dari MMS juga telah memahami karakteristik dan kebiasaan para pengguna jalan, sehingga semua itu sudah diantisipasi secara matang.

"Meskipun begitu kami juga sudah memasang 20 spanduk baru yang isinya berkaitan dengan kampanye keselamatan memasuki bulan Ramadhan, diantaranya himbauan apabila mengantuk untuk beristirahat di tempat yang telah disediakan." ujar Rahmatullah.

Rahmatullah mengatakan, pihaknya juga akan mempergunakan variable message sign (VMS) untuk memberikan informasi, sosialisasi, maupun himbauan.

Sebelumnya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Achmad Gani Ghazali mengharapkan, seluruh operator jalan tol untuk melakukan perbaikan yang sifatnya rutin saja selama bulan puasa sampai dengan lebaran.

Perbaikan yang sifatnya rehabilitasi dan rekonstruksi diselenggarakan setelah bulan puasa dan lebaran, kata dia.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan belum lama ini juga melakukan kunjungan ke pelabuhan Merak dan Bakauheni kaitannya dengan penambahan tiga unit armada kapal dan penambahan dermaga penyeberangan di Bakauheni.

Harapannya dengan penambahan kapasitas kapal dan pelabuhan maka arus lalu lintas  saat mudik melalui gerbang tol Merak nantinya akan lebih lancar, ujar dia. 

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015