Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar inspeksi kesehatan lingkungan ke hotel yang digunakan atlet pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten.

"Baru sekitar lima hotel yang dicek, ini akan kita kebut hingga semua hotel dipastikan sesuai standar kesehatan lingkungan yang telah ditetapkan," kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tangerang dr Indri Bevy di Tangerang, Senin.

Ia menjelaskan pemeriksaan kesehatan di lingkungan hotel bagian kerja yang dilakukan Dinas Kesehatan. Sebelumnya Dinkes telah melakukan pengecekan kesehatan lingkungan di arena cabang olahraga hingga tempat katering yang terlibat dalam Porprov VI Banten.

Baca juga: Pemkot Tangerang tingkatkan pengawasan pembangunan GOR jelang Porprov

"Hingga saat ini, lebih dari 30 venue (arena) telah dicek standar kesehatannya. Kali ini, Dinkes tengah fokus di lingkup perhotelan, yang berpotensi akan dihuni para atlet maupun tamu Porprov Banten VI," ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan di lingkungan hotel, antara lain kebersihan kamar, kualitas udara, ketepatan cahaya, kandungan air mandi maupun minum, ketepatan kadar kolam renang, kebersihan dan keamanan dapur hotel, proses pembuangan serta pengolahan sampah.

"Jika ditemukan yang kurang tepat, di akhir inspeksi Dinkes akan membuat berita acara yang disepakati bersama. Bahwa, poin-poin yang dinilai kurang, pihak hotel akan segera memperbaiki sesuai standar yang ditetapkan. Tentu dalam prosesnya Dinkes akan melakukan pendampingan," katanya.

Ia mengatakan inspeksi kesehatan lingkungan di luar kegiatan Porprov VI Banten juga telah menjadi agenda rutin satu tahunan Dinas Kesehatan, baik hotel, restoran, mal, maupun ruang publik lainnya.

"Lewat inspeksi kesehatan lingkungan hotel ini, diharapkan dapat memberikan kepastian keamanan, kebersihan dan kenyamanan para atlet maupun tamu Porprov Banten VI. Di samping itu, menjadi stimulus hotel-hotel di Kota Tangerang untuk patuh akan aturan dan menjaga kualitas hotel demi Kota Tangerang yang layak huni," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022