Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, memberikan kegiatan pembinaan rutin untuk meningkatkan kapasitas dan peran aktif partai politik di daerah tersebut guna menciptakan iklim politik sehat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Pemkot Tangerang menggelar pertemuan dan kerja sama antarlembaga pemerintah, partai politik, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Selasa.

Baca juga: Arief R Wismansyah : Produk makanan kemasan UMKM semakin menarik

"Upaya pembinaan peningkatan kapasitas dan peran aktif parpol terus dilakukan oleh Pemkot Tangerang guna menciptakan iklim politik dan persaingan yang sehat, guna mewujudkan pemilu yang demokratis, aman, dan kondusif, sesuai dengan tema kegiatan pertemuan kali ini," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat membuka kegiatan tersebut.

Sachrudin mengatakan pembangunan daerah tidak bisa dilakukan oleh pemerintah daerah saja, tapi juga perlu peran aktif berbagai elemen masyarakat, salah satunya partai politik di Kota Tangerang.

"Peran aktif semua pihak sangat diperlukan, terlebih jelang tahun politik dan Pemilu 2024 mendatang. Berbeda itu pasti, tapi persatuan dan kesatuan tetap jadi kunci kolaborasi," katanya.

Dia menjelaskan Pemkot Tangerang akan terus mengajak peran aktif partai politik dalam membahas perkembangan dinamika politik ke depan, sehingga keamanan dan situasi kondusif di Tanah Air, khususnya Kota Tangerang, tetap terjaga.

"Maka, kita terus berupaya mendorong peran aktif rekan-rekan semua melalui diskusi dan kegiatan seperti ini," kata Sachrudin.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang Irman Pujahendra menyampaikan kegiatan tersebut diikuti para perwakilan partai politik daerah pemilihan 5 yang terdiri atas wilayah Cibodas, Jatiuwung, dan Periuk.

"Kami fasilitasi untuk seluruh dapil se-Kota Tangerang dan rencana ke depan kami fasilitasi bagi parpol di tingkat kecamatan," ujar Irman.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022