Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi meminta semua pos pelayanan terpadu (posyandu) aktif melaksanakan kegiatan untuk membantu peningkatan derajat kesehatan warga.

"Saya sering menyampaikan pada semua kader posyandu agar aktif melaksanakan kegiatan rutin, seperti penimbangan terhadap balita," katanya di Pandeglang, Selasa.

Menurut dia, berdasarkan informasi dari 1.718 posyandu yang tersebar  di 339 desa/kelurahan dan 35 kecamatan di Pandeglang, selalu rutin melaksanakan kegiatannya.

Bupati juga menyatakan telah menginstruksikan  pada Dinas Kesehatan untuk terus meningkatkan kemampuan kader posyandu, karena peranannya penting  dalam meningkatkan derajat kesehatan dan gizi masyarakat.

Keberadaan posyandu merupakan hal yang  penting dan strategis di suatu desa/kelurahan untuk mencapai sasaran kesehatan dan peningkatan gizi.

Ia menyatakan optimistis  capaian dan keberhasilan kesehatan dalam suatu desa/kelurahan merupakan hasil kerja keras semua pihak termasuk para kader posyandu.

Pemkab Pandeglang, kata dia, telah memprogramkan setiap tahun untuk melaksanakan pelatihan bagi kader posyandu terus dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan pemahaman dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Erwan juga mengatakan  akan berupaya meningkatkan derajat kesehatan warga dengan mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat.

"Kita ingin agar derajat kesehatan terus meningkat, maka pelayanan ditingkatkan, termasuk penanangan masalah balita gizi buruk," katanya.

Program itu, kata dia, hanya bisa diwujudkan jika didukung semua pihak, termasuk kader posyandu dan masyarakat.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015