Karang Taruna Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menggelar Rekreasi Olahraga Kesenian atau "ROK" untuk mencegah kenakalan remaja dari peredaran narkoba, tawuran, seks bebas dan gangster. 

"Kita optimistis dengan ROK dipastikan para remaja disibukkan kegiatan hal-hal yang positif itu," kata  Ketua Karang Taruna Kabupaten Lebak Kuncoro Adhakiri saat memperingati "Hari Sumpah Pemuda" ke 94 di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Jumat. 

Kegiatan ROK itu dilakukan di tingkat desa dengan melibatkan pemuda untuk perlombaan di tingkat desa dan kecamatan  untuk meraih prestasi. 

Mereka para pemuda tentu dapat tersalurkan hobi dan talenta bakat untuk berlatih dan bertanding pada perlombaan ROK itu. 

Selain itu juga pihaknya melakukan kompetisi- kompetisi berbagai kegiatan agar pemuda tidak terlibat penyalahgunaan narkoba, tawuran, seks bebas dan gangster. 

Bahkan, kegiatan kompetisi itu bisa dilakukan enam kali dalam setahun, sehingga anak-anak muda dan pelajar  dapat disibukkan dengan bhal kegiatan positif.

Karang Taruna Lebak juga hari ini menggelar kegiatan diskusi di tingkat pelajar SMP dan SMA di Kecamatan Maja agar tidak terjebak pada kenakalan remaja. 

"Kita bagian garda terdepan untuk menyelamatkan generasi muda agar tidak terlibat peredaran narkoba, tawuran,seks bebas dan gangster yang menimpa kalangan remaja," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pemuda Kabupaten Lebak yang tergabung dalam Karang Taruna harus bekerja keras untuk kemandirian sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. 

Saat ini, Karang Taruna kerapkali menggelar aneka pelatihan untuk melahirkan jiwa entrepreneur agar bisa meniti usaha, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan. 

Selama ini, kata dia, kreativitas dan inovasi pemuda cukup baik untuk berupaya membangkitkan ekonomi dengan membuka aneka usaha, kerajinan hingga sektor pertanian dan perkebunan.

"Kami mendorong anggota Karang Taruna di 28 kecamatan dapat menciptakan lapangan pekerjaan," katanya.

Ia mengapresiasi, selama ini anggota Karang Taruna di Kabupaten Lebak belum ditemukan terlibat penyalahgunaan narkoba, seks bebas, tawuran dan gangster. 

Pihaknya juga terus melakukan penyuluhan dan edukasi agar para pemuda dapat berinovasi untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik. 

"Kita  membantu juga program pemerintah untuk pemberdayaan ekonomi, sosial agar terwujud kemandirian pemuda sehingga tidak terjebak kriminalitas, narkoba, seks bebas dan tawuran," katanya.

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022