Tangerang (AntaraBanten) - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mendorong pabrik - pabrik yang ada menjadi eco industri.

"Saya berharap pabrik di Kota Tangerang mampu menjadi eco industri yang memperhatikan keberadaan lingkungan sekitar," kata Arief R Wismansyah di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, setiap kegiatan industri yang dilakukan harus sesuai aturan dan memperhatikan keamanan bagi lingkungan sekitar.  

Masalah lingkungan jangan dianggap sepele karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Misalnya, jika aliran sungai tercemar limbah industri yang berbahaya dan airnya turut dikonsumsi masyarakat tentu akan menimbulkan masalah kesehatan.  

Ia ingin menjadikan Kota Tangerang sebagai kota yang layak huni diantaranya melalui partisipasi aktif dari pihak industri dengan senantiasa menjalankan aktivitas produksi yang sehat dan sesuai aturan. 

"Berkembangnya industri harus berbanding lurus dengan perkembangan masyarakat di sekitarnya," ujarnya.

Kedepannya Pemkot tentu tidak hanya mendorong industrinya, tetapi juga kantornya, agar tidak hanya menjadi kota seribu industri tetapi menjadi kota sejuta jasa.

"Kami akan dukung pelaku usaha dalam berusaha tapi kami ingatkan jika mereka pun punya tanggung jawab lingkungan" tegasnya.

Seiring dengan perkembangan industri yang semakin pesat, Kota Tangerang tentunya harus didukung dengan payung hukum yang mampu mengatur dan melindungi hak serta kewajiban perusahaan terhadap lingkungan atau masyarakat. 

“Kedepan Kota Tangerang akan membuat aturan lingkungan hidup agar pengembangan program Tangerang live yang ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat dapat kita wujudkan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015