Serang (AntaraBanten) - Kepolisian Daerah (Polda) Banten membentuk satuan tugas (Satgas) bencana alam, untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Tim SAR serta pihak lain dalam penanganan bencana alam di wilayah Banten.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Serang, Senin, mengatakan, Provinsi Banten termasuk daerah yang rawan ancaman bencana. Tidak hanya bencana alam, Banten juga rawan terhadap potensi bencana industri, mengingat dari delapan kabupaten dan kota di Banten, banyak industri kimia yang sewaktu-waktu bisa jadi ancaman bencana di Banten.

"Oleh sebab itu dibutuhkan kewaspadaan bersama, tidak terkecuali aparat kepolisian untuk ikut membantu pihak terkait dalam penanganan bencana," kata Kapolda di sela apel siaga satuan tugas bencana alam yang digelar di lapangan Mapolda Banten di Serang.

Kapolda Banten mengatakan, dengan terbentuknya satuan tugas bencana alam dalam tubuh kepolisian, berfungsi untuk membantu penanganan kebencanaan yang terjadi di Banten. Bahkan tidak tanggung-tanggung, sebanyak 1.500 personil disiapkan jajaran polda Banten dalam satgas tersebut.

"Nantinya satgas yang disiapkan akan bekerjasama dengan tim SAR dan petugas BPBD yang ada di kabupaten dan kota di wilayah hukum Polda Banten," katanya.

Boy Rafli mengatakan, untuk membantu proses evakuasi di sejumlah kepulauan di Banten, kepolisian akan menyiapkan helikopter yang selalu disiagakan. Hal ini sebagai bukti nyata untuk memaksimalkan peran Polri terhadap masyarakat dalam penanganan bencana.

Sedangkan sejumlah potensi bencana alam yang diprediksi bisa terjadi di Banten seperti letusan gunung merapi, gempa bumi, tsunami hingga bencana kegagalan industri. Oleh sebab itu, jajarannya meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota di Banten, untuk memberikan pemahaman pentingnya antisipasi akan bahaya bencana tersebut, agar sewaktu-waktu jika bencana terjadi masyarakat sudah memahami apa yang harus dilakukan.

Sementara Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten Komari menyambut baik langkah Polda Banten dalam membentuk satgas bencana alam tersebut. Dengan demikian, peran Polri sebagai pengamanan, dengan terbentuknya satgas bencana alam tersebut, bisa memiliki kemampuan lain dalam penanganan bencana alam.

"Tentunya satgas bencana alam ini akan mengoptimalkan peran Polri selain pengamanan, juga bisa membantu kami BPBD dalam penanganan bencana. Satgas ini, nantinya akan memiliki kemampuan khusus di bidang penanganan bencana," kata Komari.

Apalagi saat ini Pemprov Banten juga sudah memiliki Perda Penanganan Bencana. Sehingga masing-masing dinas dan instansi terkait bisa terlibat dalam membantu kebencanaan, di bawah kordinasi BPBD Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015