Sebanyak 1.130 personil gabungan dari TNI/Polri dan Satopl PP siap mengamankan kegiatan penyelenggaraan agenda Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Govenments (PNLG) yang berlangsung mulai 26 sampai 28 Oktober 2022 di Kabupaten Tangerang, Banten.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Tangerang, Fahrurrozi di Tangerang, Rabu mengatakan, dalam pengamanan agenda PAMSEA PNLG ini dilakukan bersama dengan sektor petugas keamanan, Polresta Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota, Polres Tangerang Selatan, Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kodim 0510 serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Baca juga: PEMSEA: Ekonomi biru penting untuk keberlanjutan ekonomi daerah pesisir

"Polresta Tangerang 150 personel, Polres Metro Tangerang Kota 100 personel, Polres Tangsel 260 personel, Polres Bandara 40 personel, Satpol PP 280 personel, dan terakhir Kodim 0510/Tigaraksa 300 personel," katanya.

Ia mengatakan, untuk titik-titik pengamanan sendiri dilakukan dari jalur Bandara Soekarno-Hatta sampai ke hotel penginapan para tamu undangan.

Kemudian, dilanjutkan pengamanan pada titik wilayah menuju selanjutnya yaitu di Pantai Indah Kosambi (PIK) 2, dan terakhir pada Jumat (28/10) para delegasi akan berkunjung ke Ketapang Agriculture, di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk.

"Kita melakukan pengamanan secara menyeluruh saja, tidak dipetakan untuk masing-masing kepala daerah," ujarnya.

Sementara, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Raden Rhomdon Natakusuma menambahkan, personil yang disiagakan merupakan anggota jajaran Polsek dan Polresta Tangerang, yang ditempatkan diseluruh titik yang menjadi forum PEMSEA PNLG.

"Kami telah siagakan semua personil dari jajaran Polsek dan Polresta Tangerang," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tangerang secara resmi telah membuka agenda PEMSEA PNLG 2022 yang diikuti oleh 10 negara dengan 140 delegasi anggota Forum Internasional Kemitraan Pemerintah Daerah hadir dalam agenda pembukaan Pengelolaan Lingkungan Pesisir dan Lautan di Asia Timur, pada Rabu (26/10).

Adapun negara yang telah hadir dalam agenda tersebut diantaranya seperti Malaysia, Filipina, Kamboja, Timor Leste, Korea Selatan, Jepang, China, Vietnam, dan Indonesia.

Dalam agenda itu secara resmi dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang sekaligus Wakil Presiden dari PNLG 2022.

"Pemkab Tangerang tentunya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh delegasi anggota PNLG yang telah hadir di Kabupaten Tangerang," katanya.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan ini akan menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dalam membangun serta mengelola kawasan pesisir dengan tema yang akan diangkat dalam PNLG 2022 adalah 'Strengthening Coastal Resilience towards Sustainable Local Blue Economies'.


 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022