Tangerang (Antara News) - SD Tarakanita Gading Serpong Kabupaten Tangerang mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan berkerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembinaan dan pengarahan untuk mengikuti lomba dilakukan langsung oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kepada seluruh siswa sekolah.

"Kami dari pemerintah daerah berharap kompetisi ini tidak hanya sekedar lomba tapi juga dapat menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan bersih di lingkungan sekitar," kata Ahmed Zaki di Serpong Tangerang, Sabtu.

Ahmed Zaki mengatakan, pemerintah daerah siap untuk mendukung kegiatan ini, serta membina sekolah-sekolah yang ikut serta agar dapat menjadi pemenang.  

Adapun hal-hal yang dinilai dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional adalah penilaian terhadap tim pembina uks tingkat provinsi, kab/kota, dan kecamatan, penilaian terhadap sekolah dengan aspek kebersihan sarana/prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS. 

Penilaian terhadap perilaku kesehatan anak didik diantaranya pengetahuan tentang UKS dan perilaku hidup bersih dan dan sehat serta penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan. Penilaian lomba sekolah sehat akan dilaksanakan pada tanggal 25-28 Mei 2015. 

Pemerintah Provinsi Banten melalui pembina usaha kesehatan sekolah (UKS) telah mendaftarkan empat peserta lomba pada Maret 2015, yaitu TK Condrodimuko Kota Cilegon, SD Tarakanita Gading Serpong Kabupaten Tangerang, SMP al-Zahra Kota Tangsel, dan SMK 1 Rangkasbitung Kabupaten Lebak.   

Kegiatan lomba kesehatan sekolah telah dilaksanakan untuk tingkat SD/MI sejak 1991; tingkat SMP/MTS sejak 2000; tingkat TK/RA dan SMA/SMK/MA sejak 2004. 

Presiden Direktur Paramount Land Ervan Adi Nugroho mengatakan, sebagai korporasi kami mendukung sepenuhnya kegiatan lomba sekolah sehat tahun 2015 ini dan mengajak semua pihak untuk mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat. 

"Selamat atas keberhasilan SD Tarakanita yang berhasil memenuhi kualifikasi LSS mewakili provinsi Banten ke ajang nasional," ujar dia. 

Ervan berharap SD Tarakanita Gading Serpong dapat menjadi contoh dan memberikan motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya di provinsi Banten menjadi sekolah yang sehat dan peduli terhadap lingkungan.

Kepala Kantor Yayasan Tarakanita wilayah Tangerang Rosiana Susilo Astuti mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tangerang dan Paramount Land dalam lomba kesehtan sekolah, pihaknya akan berupaya yang terbaik dalam lomba ini.

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015