Pandeglang (AntaraBanten) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang membutuhkan tambahan kendaraan operasional jenis mobil "ranger" gardan ganda.

"Untuk mobil gardan ganda kita baru punya satu. Kalau melihat luasnya wilayah Pandeglang minimal harus punya tiga unit," kata Kepala Pelaksana BPBD Pandeglang Doni Hermawan di Pandeglang, Kamis.

Doni menyatakan segera mengajukan usulan bantuan kendaraan operasional tersebut pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kita segera mengajukan usulan bantuan, mudah-mudahan tahun ini bisa dibantu minimal satu unit, sisanya tahun depan. Syukur semuanya bisa disegerakan," katanya.

Selain itu, kata dia, BPBD Pandeglang juga masih kekurangan mobil pemadam kebakaran, yang saat ini baru ada tiga unit, dan yang bisa beroperasi dua unit, satu unit mengalami kerusakan.

Terkait kebutuhan mobil pemadam kebakaran, menurut dia, idealnya minimal delapan unit untuk melayani 35 kecamatan dan 339 kelurahan/desa di Kabupaten Pandeglang.

Ia juga menyatakan, pada tahun ini ada pengadaan satu unit mobil kebakaran bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

"Kita mendapat alokasi anggaran Rp1,5 miliar untuk pengadaan satu unit mobil pemadam kebakaran dan sekarang dalam proses pengadaan," katanya.

Terkait banyaknya kebutuhan mobil pemadam kebakaran, menurut dia, Pandeglang merupakan daerah rawan bencana, termasuk kebakaran, dan sering sekali lokasi kejadian jauh dari Kantor BPBD Pandeglang.

"Yang dua unit sekarang kita simpan di Kantor BPBD dan siap meluncur ketika terjadi kebakaran, namun masalahnya sering sekali lokasinya jauh dari kantor," katanya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015