Cilegon (AntaraBanten) - PT Tenaris Seamless Pipe Indonesia Jaya (TSPIJ), sebuah perusahaan pemasok utama pipa tabung dan layanan untuk industri Indonesia, menyalurkan bantuan bagi 207 siswa berprestasi di Kota Cilegon melalui program "Merit Award".      

"Seluruhnya jumlah siswa yang menerima bantuan program ini sebanyak 207 orang tersebar di 15 sekolah di Kota Cilegon," kata Regional Manager PT TSPIJ  Pasific Roland Balkenende saat ditemui di SMPN 2 Kota Cilegon, Banten, Kamis.

Bantuan siswa berprestasi itu merupakan program investasi sosial andalan perusahaan untuk mendukung peningkatan pendidikan di Kota Cilegon.

Ia menyatakan, total anggaran yang disalurkan bagi 207 siswa itu sebesar Rp616 juta. Penyaluran bantuan pada 2014 merupakan yang kedua kalinnya, katanya.

"Kami sangat yakin pendidikan adalah kunci keberhasilan di masa depan. Kami  bangga bisa dukungan terhadap perkembangan Kota Cilegon," katanya.

Andrea Previtali, selaku Country Manager PT TSPIJ mengatakan dirinya percaya kerja sama dengan lembaga pendidikan untuk investasi pada kaum muda dapat memberikan kontribusi pada pembangunan daerah.

Sebab pendidikan pada dasarnya merupakan landasan bagi setiap komunitas.

"Kami berkomitmen untuk mendukung dalam segala bidang operasional kami," katanya.

Ia menyebutkan, program "Merit Award" bertujuan untuk membantu pemerintah dengan menawarkan solusi yang berkesinambungan dan sejalan dengan program investasi sosial.

Karena itu, ujar dia, perusahaan mengalokasikan dana investasi sosial untuk peningkatan pendidikan bagi siswa berprestasi di Kota Cilegon.

Melalui program "Merit Award" ini, perusahaan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Cilegon guna menjamin proses seleksi yang akurat.

"Kami berharap mampu meneruskan bantuan pendidikan di komunitas sekitar dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan," kata Pungky Hermawan, Direktur Hubungan Kelembagaan PT TSPIJ.

Menurut dia, perusahaan juga memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana melalui Program Pendidikan Roberto Rocca.

Selain itu juga setiap tahun melakukan renovasi fasilitas pendidikan di empat sekolah dasar di Kota Cilegon.

Prakarsa sosial lainnya, kata dia, secara rutin perusahaan melalui program "Bridges of Hope" di mana perusahan berkolaborasi dengan Toni Ruttimann dan program kemanusiaan.

Saat ini, program tersebut telah membangun jembatan gantung di desa terpencil  yang kerapkali dilanda bencana alam guna membantu warga mendapatkana akses yang lebih baik.

"Kami membangun jembatan gantung sebanyak 40 unit di Indonesia," jelasnya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015