Wali Kota Tangerang, Banten, Arief R Wismansyah menyatakan para pengunjung bazar UMKM di Ramayana Ciledug Palaza, Karang Tengah, bisa sekalian mengurus nomor induk berusaha (NIB) dan dokumen kependudukan seperti KTP elektronik dan akta kelahiran.

"Jadi dalam bazar itu selain menyediakan berbagai produk UMKM, kita  juga menghadirkan kegiatan pelayanan publik yang dilakukan oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) seperti pelayanan akte kelahiran, perekaman KTP elektronik dan pembuatan NIB serta pembayaran pajak daerah," katanya saat meninjau langsung Bazar UMKM di Ramayana Ciledug, Karang Tengah, Jumat.

Baca juga: Pemkot Tangerang bangun gedung MUI di empat kecamatan

Pada kesempatan itu, Arief juga menyatakan Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya optimal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan dan fasilitasi kepada para pelaku UMKM di Kota Tangerang.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar bazar di pusat - pusat keramaian oleh Dinas Perindagkop Kota Tangerang yang berlangsung selama empat hari, yakni 20-23 Oktober 2022.

"Semangat ya bu jualannya, semoga bisa ramai terus setiap hari yang beli," ujar Arief  kepada salah satu pelaku UMKM yang mengikuti bazar.

Salah satu warga Peninggilan Utara, Sri Mulyati, menuturkan dirinya merasa terbantu dengan adanya gerai pelayanan perizinan di acara bazar yang memudahkan dirinya untuk mengurus dan membuat NIB sebagai salah satu syarat selaku pemilik usaha.

"Jadi lebih gampang dan juga cepat proses ngurusnya," ucap Sri yang merupakan pemilik usaha makanan kering dan basah dengan merk Rasa Boga.

Hal senada juga diungkapkan oleh Primaledi selaku anggota UMKM Ciledug Prima, dirinya menyebut kegiatan bazar yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang turut mendorong tingkat perekonomian di sektor UMKM yang sebelumnya terhambat akibat pandemi COVID-19, dan berharap agar kegiatan seperti ini bisa digelar lebih rutin.

"Omzet penjualan produk juga tergolong bagus, di hari pertama bazar bisa mencapai Rp1 juta," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022