Wali Kota Tangerang, Banten, Arief R. Wismansyah mengatakan pentingnya masyarakat berpartisipasi dalam menyukseskan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Kegiatan yang berlangsung secara serentak pada 15 Oktober-14 November 2022 di seluruh Indonesia itu bertujuan untuk menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

"Sebagai basis data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat," kata Arief di Tangerang Selasa (18/10).

Dia juga meminta masyarakat menyambut baik kedatangan para petugas pendataan BPS dan memberikan informasi terkait data yang dibutuhkan sesuai dengan kenyataan.

"Data yang diberikan harus yang sejujur-jujurnya karena akan berguna untuk data pembangunan," tambahnya.

Dia menjelaskan pendataan itu juga berfungsi untuk mendapatkan data valid terkait pemetaan kondisi riil masyarakat, seperti masyarakat pra-sejahtera dan juga jumlah rumah tidak layak huni di Kota Tangerang.

"Jadi, titiknya jelas karena menggunakan geo-tagging di tiap lokasinya," kata Arief.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan, Banten, Benyamin Davnie juga menekankan pentingnya keterbukaan dalam memberikan informasi kepada petugas sensus Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 untuk menghasilkan data tepat, sehingga program Pemerintah menjadi tepat sasaran.

"Pendataan ini merupakan data terpadu yang nanti digunakan untuk program perlindungan sosial serta keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat, agar kebijakan Pemerintah menjadi lebih terarah," kata Benyamin dalam keterangannya di Banten, Selasa.

Benyamin mengaku telah didata oleh petugas sensus Regsosek BPS pada Sabtu (15/10) di Rumah Dinas Wali Kota, Serpong. Data itu nantinya dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk melaksanakan berbagai program kegiatan berbasis penduduk.

"Jadi tolong diterima dan diberikan informasi yang tepat," ujar Benyamin.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022