Serang (AntaraBanten) - Lembaga donor Amerika Serikat untuk bidang pendidikan (Usaid Prioritas) memberikan pelatihan buku sumber atau bahan ajar sejumlah mata pelajaran bagi 80 dosen di sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Banten, Senin.

Para dosen dari Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) sejumlah Perguruan Tinggi di Banten tersebut diberikan pelatihan dan simulasi buku sumber untuk empat mata pelajaran yakni Literasi untuk SD dan SLTP, IPA dan Matematika.

"Tujuan dari kegiatan ini akan mendiskusikan materi konten isi buku sumber, menyusun simulasi pembelajaran dan mensimulasikannya bagi para mahasiswa nanti di kampusnya masing-masing," kata Teacher Training Institute (TTI) Development Spesialis USAID Prioritas Banten Naf'an Tarihoran.  

Ia mengatakan, 80 dosen dari sejumlah Perguruan Tinggi seperti Untirta, IAIN, Unbaja, STKIP Rangkasbitung, Universitas Mathlaul Anwar (Unma) dan Universitas Muhamadiyah Tangerang tersebut, akan mengikuti pelatihan selama tiga hari.

"Buku sumber bahan ajar ini disesuaikan dengan kebutuhan, untuk mengajar para calon guru PGTK dan PGMI. Banten termasuk salah satu tujuh provinsi yang menyelenggarakan kegiatan ini," kata Naf'an.

Sementara itu Rektor IAIN Fauzul Iman mengatakan dengan adanya pelatihan bagi dosen dari Usaid Prioritas tersebut diharapkan akan memberikan tambahan wawasan dan pemahaman bagi para dosen untuk bisa diterapkan kepada mahasiswa calon guru.

"Tentunya pelatihan ini akan banyak manfaatnya. Ada konsep konsep atau simbol- simbol dalam buku bahan ajar tersebut yang perlu difahami secara mendalam dan komprehensif," kata Fauzul Iman usai membuka Pelatihan Tentang Buku Sumber untuk Dosen Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK), Pembelajaran Literasi, IPA dan Matematika di Banten.

Sehingga dari pelatihan tersebut, kata Fauzul, mendapatkan isi atau konten buku sumber yang bagus dan menarik bagi siswa di sekolah-sekolah. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015