Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Banten membantu penanganan dampak bencana banjir di wilayah Kabupaten Lebak.

Di Kota Serang, Rabu, Al Muktabar mengatakan bahwa Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten sudah turun membantu penanganan kedaruratan akibat bencana banjir di Lebak.

Baca juga: Pemprov Banten usul anggaran Rp30 miliar untuk pembangunan kantor penghubung IKN

"Pemprov Banten juga siap untuk membantu di masa rehabilitasi sesuai peraturan. Saat ini masih kedaruratan kabupaten," katanya. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan bahwa Dinas Sosial membantu penanganan dampak banjir dan tanah longsor di Lebak sejak 10 Oktober 2022.

Menurut dia, Dinas Sosial Provinsi Banten berkoordinasi dengan Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Kabupaten Lebak untuk menyalurkan bantuan logistik untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan pendirian dapur umum serta mengerahkan 50 Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan 30 petugas Kampung Siaga Bencana.

"Pada hari pertama, Dinas Sosial Provinsi Banten menyalurkan 620 makanan siap saji, 496 paket makanan balita, 300 paket lauk pauk, serta 100 paket sandang," kata Nurhana.

Dengan dukungan dari Kementerian Sosial, ia melanjutkan, Dinas Sosial Provinsi Banten mendirikan dapur umum di Kecamatan Cibeber serta mendukung pengoperasian dapur umum yang didirikan oleh masyarakat di Kecamatan Bayah dan Kecamatan Cilograng.

"Setiap hari dapur umum Dinas Sosial Provinsi Banten memasak 2.250 porsi (makanan untuk korban bencana)," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan bahwa petugas BPBD Banten disiagakan untuk membantu BPBD Kabupaten Lebak menangani dampak bencana.

"Tetap siaga, (karena) diperkirakan curah hujan masih tinggi," kata Nana.

"Selama ini masih bisa dilakukan penanganan oleh kabupaten. Pemprov Banten memberikan dukungan apa yang dibutuhkan dan diperlukan serta bersama-sama melakukan penanganan," ia menambahkan.

 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022