Jakarta (Antara News) - Smart board melalui produk "papan tulis pintar" akan menjadi solusi dalam dunia pendidikan karena pengajar akan lebih dimudahkan dalam menyampaikan materi dibandingkan menggunakan papan tulis yang kita kenal sekarang.

Smart Board merupakan brand/merek yang sudah dikenal luas oleh masyarakat international. Di Indonesia sendiri masyarakat di dunia pendidikan sudah banyak yang mengenal," kata Andika Pratama  Presiden Direktur EP-TEC Solutions Indonesia selaku distributor produk ini di Jakarta, Rabu.

Andika mengatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei lalu hendaknya selalu dijadikan introspeksi oleh para praktisi pendidikan untuk memacu semangat berinovasi dan berkreasi demi kualitas pendidikan yang lebih baik. 

Dalam Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional jelas tertuang bahwa perkembangan teknologi bagi pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri. 

PT. EP-TEC Solutions Indonesia sebagai eksklusif distributor untuk produk Smart Board buatan SMART Technologies asal Canada menyadari betul hal tersebut. Perusahaan teknologi terkemuka ini menawarkan solusi untuk menjawab tantangan zaman yang dihadapi dunia pendidikan, khususnya di Indonesia, jelas Andika.

Smart Board sangat mudah digunakan, melalui sentuhan tangan maka kita dapat mengontrol semua aplikasi yang ada di dalam komputer. Konektifitasnya pun dapat dikatakan sangat sederhana, hanya cukup dengan menghubungkan kabel USB ke komputer dan kabel VGA/HDMI ke proyektor untuk menampilkan gambar komputer tepat di SMART Board, dan papan tulis pintar ini sudah siap untuk digunakan.

Dengan menggunakan SMART Board, maka tenaga pengajar dapat menjalankan aplikasi  tanpa perlu bolak-balik ke meja tempat komputer berada. Tenaga Pengajar pun dapat membuka, mengedit, menghapus, menyimpan, dan mengirim dokumen apapun langsung dari Smart Board tersebut.

Kini versi baru telah dirilis, yaitu SMART Board Seri 4000 dan 6000. Dalam versi terbaru ini SMART Board menggunakan teknologi panel layar datar berbasis LED yang dapat di sentuh langsung dan juga dilengkapi beberapa teknologi terbaru seperti,

Menurut Andika, keunggulan utama yang dimiliki Smart Board adalah kemudahan pengoperasiannya. Kita menawarkan suatu teknologi dimana pengguna tidak memerlukan waktu banyak untuk dapat langsung menggunakannya. Tenaga pengajar telah meluangkan banyak waktu untuk mempersiapkan materi pengajaran, kita tidak mau menambah beban mereka, tetapi kita ingin meringankannya. 

Dengan Smart Board tipe terbaru ini, diharapkan tenaga pengajar dapat menghasilkan materi pengajaran yang interaktif dan berbasis multimedia, agar peserta didik dapat menyerap ilmu pengetahuan secara maksimal. Kami berharap agar solusi kami ini bermanfaat dan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia dengan baik, ujar dia.

Dalam acara grand launching Smart Board dihadiri perwakilan dari “Indonesia Mengajar” untuk berbagi cerita mengenai pendidikan di Indonesia. 

Gerakan yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, memfokuskan diri untuk pemerataan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan bagi anak-anak di daerah-daerah tertinggal. Di acara ini pihak dari Indonesia Mengajar menceritakan sedikit pengalaman mereka mengenai pembelajaran anak-anak di daerah.

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015