Tangerang (AntaraBanten) - Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan tertarik untuk membantu Kota Tangerang dalam penataan kota, salah satunya Sungai Cisadane.

Ketertarikan tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat menerima kunjungan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah beserta rombongan di sela kegiatan Asia Africa City Summit (AACS) di Bandung, Kamis.

"Pak Ridwan Kamil siap bantu. Kota Tangerang memiliki banyak potensi yang siap dikembangkan seperti Sungai Cisadane, " kata Arief  saat diajak Ridwal Kamil melakukan sidak persiapan menjelang kehadiran kepala negara di Bandung.

Tak hanya itu, Kota Bandung yang saat ini menjadi tuan rumah Peringatan Ke-60 Tahun Koneferensi Asia Afrika (KAA), selama dua tahun terakhir telah menampakkan perkembangan yang luar biasa mulai dari pembangunan berbagai taman tematik sampai dengan rencana pembangunan Bandung Smart City.

Ridwan Kamil mengajak Kota Tangerang untuk berbagi pengalaman dalam penyelesaian masalah kota seperti macet, penambahan RTH hingga pembentukan smart city network.

Dalam sidak tersebut, rombongan Pemkot Tangerang diajak mengunjungi beberapa tempat yang menjadi lokasi utama acara Konferensi Asia Afrika.

Mulai dari mengunjungi Masjid Raya Bandung, Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, gedung besejarah di Jalan Braga, Hotel Savoy Hamon yang menjadi saski sejarah KAA 60 tahun lalu hingga jalan Merdeka yang akan dilaksanakannya historical walk para pemimpin Asia Africa untuk mengenang perjalanan bersejarah KAA.

Sekretaris Daerah, Dadi Budaeri menambahkan, masalah perkotaan antara Bandung dan Kota Tangerang hampir sama. Maka itu, pihaknya menyambut baik kerjasama antar kota tersebut.

Beberapa program pengembangan kota seperti halnya revitalisasi pasar lama merupakan bagian revitalisasi dalam menyediakan ruang publik bagi masyarakat.

"Kondisi di Jalan Braga sama seperti pasar lama. Maka itu, kita sekarang sedang lakukan bertahap dalam penyediaan fasilitas publik." tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015