Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan perempuan memegang peran sentra dalam membentuk karakter bangsa.

"Perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa Indonesia," katanya usai peringatan ke-136 Hari Kartini di Pandeglang, Banten, Selasa.

Kemampuan ini tentunya memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi, sehingga karakter bangsa bisa tetap kuat dengan mengedepankan moral dan etika yang baik.

"Dengan kemampuan ini pulalah yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama terkait dengan posisi kaum wanita," ujarnya.

Bupati menyampaikan atas perjuangan RA Kartini lah, kini bisa tumbuh perempuan-perempuan Indonesia yang hebat, bahkan mampu melaksanakan tugas berat yang diberikan kepadanya.

"Kini perempuan tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga saja tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial," ujarnya.

Saat ini, kata dia, cukup banyak perempuan di Indonesia yang memegang peran strategis baik di pemerintahan, legislatif, yudikatif maupun perusahaan.

Indonesia, kata dia, sempat dipimpin seorang perempuan, yakni Megawati Soekarnoputeri, dan sejak dulu sampai sekarang selalu ada kaum perempuan duduk di jajaran kabinet.

Di Kabupaten Pandeglang, kata dia, beberapa jabatan eselon II dipercayakan pada perempuan, yakni Asisten Bidang Adminsitrasi Kepegawaian Tati Suwagiharti, Kepala Dinas Pendapatan Ida Novaida dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Indah.

"Anggota DPRD Pandeglang juga banyak perempuan, ini semua sebagai bukti kalau perempuan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan laki-laki dan layak diberi kepercayaan," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015