Tangerang (AntaraBanten) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, yang didaulat sebagai nara sumber dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung bersama Wali Kota Bangladesh dan Brunei Darussalam, akan menyampaikan mengenai program "Tangerang Ayo".

Arief mengatakan, "Tangerang Ayo" merupakan program yang digalakkan Pemkot Tangerang dengan melibatkan peran serta masyarakat, misalnya program Kampung Bersih, Kampung Hijau hingga penataan TPA Rawakucing.

Program tersebut dinilai menarik dan diminta untuk dipersentasikan dalam Konferensi Asia Afrika dengan tema "Smart People".

Elaborasi antara Pemkot Tangerang dan warga dalam membentuk cluster kampung hijau misalnya mampu mewujudkan "smart city".

Konsep "smart city" tidak hanya pada unggul dalam bidang Informasi Teknologi (IT) tetapi hal lainnya seperti keterlibatan masyarakat dan penghematan penggunaan air, listrik dan sebagainya.

"Kita akan sampaikan mengenai keterlibatan warga dalam membangun kota dengan membentuk berbagai komunitas yang kini telah berjalan," ujarnya.

Sebelumnya, undangan untuk menjadi narasumber dalam KAA disampaikan langsung oleh pakar "Smart City", Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat yang juga pantia KAA dalam rapat koordinasi pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Prof. Dr. Ir. Suhono yang merupakan pencetus ide "Smart City" Pendukung Pembangunan Berkelanjutan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menyampaikan jika nantinya wali kota diharapkan bisa berbagi pengalaman pengelolaan kota kepada seluruh undangan Konferensi Asia Afrika.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015