Pandeglang (AntaraBanten) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (AL) Laksamana TNI Ade Supandi menyatakan operasi bhakti yang dilakukan TNI AL dalam bentuk Bedah Desa Pesisir, bisa menjadi model bagi pemerintah daerah membantu para nelayan di sekitarnya.

"Sebelumnya TNI AL punya program seperti ini yakni Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya. Sekarang kita hidupkan kembali dalam bentuk bedah desa pesisir untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan," kata Laksamana TNI Ade Supandi saat membuka bedah desa pesisir di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten, Selasa.

Ia mengatakan, program tersebut bisa saja dijadikan percontohan atau 'master plant' untuk diterapkan di daerah pesisir lainnya di Indonesia, tentunya dengan melibatkan berbagai pihak seperti kementerian, pemerintah daerah serta pihak swasta dalam bentuk 'Corporate Social Responsibility' (CSR).

Tujuan kegiatan tersebut dalam upaya membantu para nelayan meningkatkan kesejahteraan dan pembinaan terhadap sumber daya manusia serta lingkungan daerah pesisir.

"Di daerah nanti bisa dilakukan melalui lantamal-lantamal bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta," kata Ade Supandi.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Pemerintah Provinsi Banten melaksanakan Operasi Bakti Bedah Desa Pesisir di wilayah Lantamal III, berlokasi di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Program tersebut dilaksanakan selama satu bulan sejak 10 Maret sampai dengan 10 April 2015 dengan melakukan berbagai kegiatan seperti bhakti sosial dan pembangunan fisik.

Kegiatan bedah desa pesisir tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seperti pembangunan sarana fisik di Desa Teluk yakni renovasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) berupa pemasangan plafond dan lantai, renovasi mushalla, renovasi madrasah, pembangunan rumah pintar, pembuatan MCK, pembangunan rumah nelayan atau bedah rumah, pembuatan sistem pengolahan air laut menjadi air bersih, pembuatan bangunan prasasti dan monumen serta kegiatan non fisik seperti pengobatan gratis, sunatan masal, penyuluhan dan lainnya.

Peresmian dan puncak acara operasi bhakti TNI AL 'Bedah Desa Pesisir' tersebut dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM AAGN Puspayoga. Plt Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar serta untuk Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Banten.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan secara simbolis penanaman pohon di sekitar pesisir Pantai Teluk Labuan, transplantasi karang serta peresmian patung nelayan.

Sementara Plt Gubernur Banten Rano Karno mengapresiasi pelaksanaan bedah desa pesisir yang diinisiasi TNI AL di Desa Teluk Labuan tersebut, pihaknya berharap bedah desa pesisir tersebut bisa dijadikan contoh untuk dikembangkan di daerah lainnya di Indonesia.

Ia menyebutkan Banten dengan potensi pantai serta laut yang besar, memiliki 130 desa pesisir dan 35 kecamatan pesisir serta 61 pulau-pulau kecil di Banten.

"Kegiatan ini sebagai awal dan menjadi contoh bagi pihak terkait untuk bisa dikembangkan di daerah lainnya di Indonesia," kata Rano Karno. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015