Tangerang (Antara News) - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) anak usaha produsen mobil Tata Motors India melucurkan kendaraan mini pick up berkapasitas mesin diesel 702 ditujukan bagi kalangan usaha kecil dan menengah di Indonesia.

"Tata Ace EX2 merupakan mini diesel pick up yang ramping, lincah, dan irit bahan bakar dengan harga terjangkau cocok dioperasikan untuk jalan di perkotaan maupun perdesaan,  kata Manajer Humas PT Tata Motors Distribusi Indonesia Kiki Fajar di Tangerang, Rabu.

Dalam penjelasannya dihadapan media Kiki mengungkapkan, mini pick up ini memiliki mesin yang tangguh dan efisien dalam penggunaan BBM sehingga sangat cocok dipergunakan bagi kalangan usaha dibidang perkebunan sebagai kendaraan angkut.

Bahkan dengan harga hanya Rp69 juta OTR untuk Jakarta serta konsumsi BBM yang sangat hemat maka pengusaha masih mampu menambah armada baru pada tahun ketiga pengoperasian kendaraan tersebut, papar Kiki.

Tata Ace EX2 sendiri sebenarnya telah diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dalam ajang pameran mobil Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 lalu, namun baru dipasarkan pada saat ini, ujar Kiki.

Terkait suku cadang, Kiki menjelaskan, TMDI menjamin suku cadang tesedia dalam 24 jam. Jika lebih dari itu, maka konsumen tidak akan dikenakan biaya. "Kami memberikan jaminan 5 tahun/100.000 kilometer untuk kendaraan penumpang dan 3 tahun/100.000 kilometer kendaraan niaga," kata Kiki.

Kiki juga menjelaskan, TMDI memiliki Tata Part Center berlokasi di kawasan industri MM2100 Cibitung di atas lahan 900 meter persegi, serta akan diperluas menjadi 1.300 meter persegi atau lebih. Areal ini dapat menampung lebih dari 8.000 peralatan modern "stock keeping unit".

TMDI juga memiliki layanan pendampingan apabila pengguna kendaraan menghadapi permasalahan teknis ditengah jalan dengan cara menghubungi call toll free 0-800-1-828200 maka pengguna akan mendapatkan pendampingan dari tim teknis Tata Motors.

Tata Motors, papar Kiki, saat ini sudah memiliki 11 dealer yakni 2 di Jakarta, dan masing-masing satu di Solo, Yogyakarta, Cibitung, Malang, Purwokerto, Serpong, Bali, Banyuwangi, dan Pekanbaru. 

Selain itu TMDI juga mengembangkan Tata Certified Workshop (TCW) memanfaatkan jaringan Castrol Indonesia (Castrol Auto Service) dengan layanan tersebar di seluruh Indonesia sehingga akan menjamin konsumen Tata Motors Indonesia mendapatkan layanan perawatan dan perbaikan ringan di lokasi yang terjangkau di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk program kerja 2014-2015, TMDI berencana memperluas jaringan layanan meliputi TCW 60 lokasi dan dealer 20 lokasi sehingga TMDI akan meraih posisi 15 besar penjualan otomotif untuk pasar Indonesia. TMDI tahun yang sama akan memperkenalkan truk tambang dan bus.

TMDI untuk pasar Indonesia telah meluncurkan kendaraan penumpang Tata Aria Pure crossover MPV 2.2 liter diesel, Tata Vista small hatchback bensin 1.4 liter, Tata Safari Storme SUV bermesin diesel commonrail 2.2 liter.

Kemudian TMDI juga telah meluncurkan kendaraan niaga pick up Tata Super Ace mini pick up diesel intercooled 1.405 cc dan Tata Xenon kendaraan serba guna  bermesin diesel 3.0 liter turbo direct injection.

Untuk memudahkan penjualan, kata Kiki, TMDI juga telah mendapat dukungan dari perusahaan pembiayaan seperti Adira Finance, Bank Panin, Tunas Mandiri Multifinance. 

Tata Motor Ltd menempati peringkat empat dunia untuk kendaraan truk dan bus. Perusahaan ini juga memiliki pasar yang kuat untuk pasar kendaraan komersial dan kendaraann penumpang khususnya segmen mobil kompak, menengah, dan multifungsi.

Tata Motors Ltd telah beroperasi di AS, Korea Utara, Thailand, Philipina, Afrika Selatan, Indonesia. Selain itu Jaguar Land Rover dan Fiat juga berkerja sama dengan perusahaan ini. 
    

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015