Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Banten akan membangun kisdam permanen terkait jebolnya tanggul Kali Angke yang menyebabkan banjir di wilayah Pinang akhir pekan lalu.

“Akan dibangun yang permanen kisdamnya nanti dan sudah dalam proses lelang. Yang saat ini untuk sementara saja antisipasi luapan," kata Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng di Tangerang Senin.

Ia juga menuturkan jika posisi tanggul yang jebol saat ini berada di tikungan. Sehingga ketika terjadi arus cukup deras, membuat tanggul tak kuat menahan. Maka itu Pemkot akan membangun bronjongan sebagi pemecah arus.

“Posisi tanggul jebol ini di wilayah tikungan, jadi arusnya cukup deras, maka akan kita bangun Bronjong sebagai pemecah arus,” katanya.

Wakil Wali Kota Sachrudin mengatakan banjir di Komplek Pinang Griya Permai, Pinang dan Ciledug Indah 1, Karang tengah akibat rusaknya tanggul akibat tidak bisa menahan debit air yang tinggi.

“Sudah kita upayakan dengan membangun kisdam sementara sepanjang 10 meter. Personil juga masih kita siagakan," katanya.

Sebagai informasi, jika masyarakat Kota Tangerang membutuhkan bantuan terkait bencana banjir atau lainnya. BPBD Kota Tangerang memiliki emergency call di 112 dan nomor piket 24 jam di 021-5582144.

Sementara itu Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan PUPR untuk membuat pintu air dalam antisipasi banjir di komplek cantiga RW 05.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022