Tangerang (AntaraBanten) - Sebanyak 15 ribu warga mengikuti kegiatan daur ulang sampah di Situ Cipondoh dalam penutupan Festival Tangerang Bersih (FTB).


Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Dadi Budaeri di Tangerang, Sabtu, mengatakan, festival yang sudah memasuki tahun ketiga tersebut mencoba mengajak merubah mind set masyarakat terhadap sampah.

Bila selama ini sampah selalu dicap menjadi masalah, justru melalui FTB tersebut masyarakat diberikan pencerahan terkait pengolahan sampah menjadi barang yang berguna dan berharga.¿

"Sebanyak 15 ribu pengunjung tertarik untuk belajar pengelolaan sampah dan juga menikmati hiburan yang ada di FTB," katanya.

Ia mengatakan, persoalan sampah yang selalu menjadi persoalan di Kota Besar semacam Jakarta dan Tangerang memerlukan penanganan khusus yang melibatkan masyarakat.

Persoalan sampah juga sering diidentikkan dengan budaya masyarakat yang kurang peduli terhadapnya.

"Sehingga melalui FTB tersebut masyarakat bisa praktek langsung pengelolaan sampah yang benar sekaligus membangun budaya malu buang sampah sembarangan," katanya.

Pada acara penutupan FTB hari ini, ditampilkan berbagai kreatifitas komunitas pecinta lingkungan yang mampu mengubah sampah menjadi bongkahan emas.

Dalam acara tersebut juga diperlombakan berbagai lomba seperti lomba mewarnai, lomba duta sampah, lomba daur ulang sampah, lomba pramuka peduli sampah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Ivan Yulianto mengatakan, FTB yang diadakan untuk memeriahkan Peringatan HUT Kota Tangerang ke-22 tersebut menjadi bukti nyata peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan kotanya.¿

Peran aktif masyarakat untuk pembangunan kotanya juga terlihat dari pelaksanaan Donor Darah yang diadakan oleh masyarakat Kelurahan Buaran.

Donor Darah yang diadakan di Kantor Kelurahan Buaran tersebut cukup mendapat perhatian masyarakat, terlihat dari banyaknya warga yang datang untuk mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah tersebut dilakukan dalam rangka peringatan HUT Kota Tangerang. "Sebelumnya di Kelurahan Buaran juga sudah dilaksanakan Jalan Sehat yang memperbutkan berbagai door prize mulai dari kulkas sampai kipas angin," ujarnya.

Penampilan para Model Duta Daur Ulang Sampah menandai Penutupan Festival Tangerang Bersih (FTB) yang dilaksanakan dari 4-8 Maret. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015