Tangerang (AntaraBanten) - Panggung utama Festival Tangerang Bersih yang berupa perahu besar berukuran 15 meter dan berada di Situ Cipondoh menjadi daya tarik pengunjung 

Pantauan di lapangan, Minggu, perahu yang dihias berwarna - warni tersebut dan terpasang foto Wali Kota, Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota, Sachrudin, dipenuhi warga.

Secara bergantian, warga naik ke atas perahu melalui karpet merah di atas bambu sebagai jalan menuju perahu dari tepian Situ Cipondoh. "Seperti foto di atas perahu sungguhan dan jadi nahkoda," ujar Taufik warga Pinang.

Berbeda halnya dengan Tri yang merupakan warga Jombang Tangerang Selatan. Dirinya sengaja datang untuk berfoto di atas perahu agar terlihat seperti di film "Pirates Of The Caribbean". "Keren banget perahunya," ujarnya.

Selain perahu, Festival Tangerang Bersih juga menyediakan pelatihan membuat kompos kepada warga yang datang.

Hal ini dilakukan agar warga bisa mengetahui bila sampah yang dihasilkan dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna dan mendorong program penghijauan.

"Kita dorong warga membuat kompos. Setelah itu mereka akan menanam pohon di setiap rumahnya. Ini sejalan dengan program kampung bersih," kata Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Suggiharto Ahmad Bagdja ditemui di lokasi.

Dalam FTB pun terdapat stan perusahaan atau instansi yang fokus pada pengolahan sampah dan penataan lingkungan.

Begitu pula dengan program Kota Tangerang mengenai ajakan warga untuk membuat komunitas dalam mengolah sampah.

Nantinya, komunitas warga yang benar - benar fokus, akan dibantu Pemkot dalam kebutuhan infrastrukturnya. "Kita juga mengajak warga untuk menjadikan wilayahnya bersih dengan membuat komunitas peduli lingkungan," ujarnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang Ivan Yulianto mengatakan, Festival Tangerang Bersih dilaksanakan pada 4 hingga 8 Maret 2015 dalam rangkaian HUT Ke-22 Kota Tangerang.       

Festival Tangerang Bersih akan menampilkan 50 stan pameran yang memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa sampah merupakan tanggung jawab bersama, melalui berbagai kegiatan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) dari komunitas-komunitas peduli sampah yang berasal dari dalam dan luar Kota Tangerang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015